Adi Putro Berani Aplikasikan Bodi Bongsor Jetbus 2+ SHD ke Sasis Bus Mercy Konvensional

Foto: istimewa
Foto: istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com –  Karoseri ternama asal Malang, Jawa Timur, Adi Putro, resmi merilis bus semi high deck (SHD) Jetbus 2+ ke pasar Indonesia di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di BSD City, bulan Agustus 2015 lalu.

Tak lama setelah itu, bus ini menuai banyak peminat. Sejumlah pengusaha bus memesannya untuk memperkuat jajaran armadanya. Namun, umumnya bus-bus yang dipesan dengan bodi SHD adalah bus premium, seperti Scania K360 IB atau Mercedes-Benz O500 RF 1836 yang mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimum cukup besar, yakni 360 horse power.

Sepadan untuk membawa lari bodi SHD yang desainnya memang super bongsor. Rangka sasis dua tipe bus dari pabrikan Swedia dan Jerman tersebut menggunakan teknologi space frame.

Tapi, apakah itu berarti bodi Jetbus 2+ SHD tidak bisa diaplikasikan pada bus-bus bersasis konvensional, yang masih menganut ladder frame (sasis tangga)? Ternyata bisa. Terbukti, Karoseri Adi Putro sendiri yang menginisiasi dengan mencoba mengaplikasikan bodi Jetbus 2+ SHD pada sasis Mercedes-Benz OH 1521 Intercooler.

Sasis Mercedes-Benz OH 1521 Intercooler tergolong teknologi lama di Indonesia karena sudah mengaspal di Tanah Air sejak lebih dari 15 tahun lalu. Tenaganya pun juga hanya 210 horse power.

Tapi nyatanya sasis ini bisa menopang bodi bongsor Jetbus 2+ SHD. Karoseri Adi Putro melakukan uji jalan bus ini. Foto-foto bus tersebut sejak 2-3 hari terakhir beredar di jejaring sosial dan menjadi perbincangan netizen.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan