Cipta Karya Gebrak Dominasi Karoseri Bus Asal Pulau Jawa

Foto: bismania
Foto: bismania

Jakarta, MobilKomersial.com – Selama ini, bisnis karoseri bus didominasi oleh industri-industri karoseri yang berada di Pulau Jawa, terutama oleh industri karoseri dari Kota Malang, Magelang, Ungaran serta Bogor yang selama ini produk-produknya memang terlihat dominan lalu lalang di jalan raya dan di jalan tol, baik sebagai angkutan bus antarkota antarprovinsi/dalam provinsi (AKAP/AKDP) maupun sebagai armada bus pariwisata dan bus instansi.

Padahal, di Pulau Sumatera sebenarnya juga ada industri karoseri bus yang namanya cukup eksis dan kualitasnya tak kalah bagus dari bus produksi industri karoseri dari Pulau Jawa. Karoseri tersebut adalah Karoseri Cipta Karya. Karoseri ini berlokasi di Kota Medan. Tepatnya di Jl Raya Medan-Tanjung Morawa Km.7

Cipta Larya terbilang industri karoseri tua di Indonesia, karena sudah ada sejak 1969 dan resmi berdiri pada 1988. Karoseri ini juga bergabung di Askarindo (Asosiasi Karoseri Indonesia). Bus-bus produksi karoseri ini telah mendapat sertifikasi dari Direktorat Perhubungan Darat RI.

Produk-produknya mencakup bus besar Lavoro (berkapasitas 40-60 penumpang, bus medium Dicover (berkapasitas 25-30 penumpang) dan microbus Centro. Adapun Karoseri ini mengerjakan pesanan bus AC dan non-AC.

Perusahaan otobus yang menjadi pelanggan karoseri ini antara lain, PO Intra, PO ALS (Antar Lintas Sumatera), PO Kurnia, PO RAPI, dan PO Makmur. Umumnya, pelanggan karoseri ini memang perusahaan otobus yang berbasis di Pulau Sumatera.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan