Dua Karoseri Ternama Adu Gengsi di Roadshow Bus Hino FC di Surabaya

Bus Venom dari Karoseri Tentrem (kiri) dan Jetbus MD 2+ dari Karoseri Adi PutroJakarta, MobilKomersial.com – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), pekan lalu menggelar acara roadshow bus medium terbarunya untuk pasar Indonesia Hino FC 190 dengan mengundang sejumlah pengusaha bus di Kota Surabaya dan Jawa Timur. Ada yang menarik dari acara roadshow yang menempuh rute dari Kota Surabaya menuju kawasan wisata di Kota Batu, lewat Malang ini. Yakni, bus yang digunakan mencapai dua buah dari tipe yang sama, namun body builder-nya dari dua karoseri berbeda.

Bus pertama menggunakan body builder Karoseri Adi Putro model Jetbus MD 2+, dan bus kedua menggunakan body builder Karoseri Tentrem dengan model bus Venom.

Berdasar catatan mobilkomersial.com, kedua model bus merupakan tipe body bus medium terbaru yang dikeluarkan oleh kedua karoseri untuk konsumennya di Indonesia. Kebetulan, kedua karoseri sama-sama berasal dari Kota Malang. Boleh dibilang, roadshow ini sekaligus menjadi ajang adu gengsi kedua karoseri bus papan atas Tanah Air ini.

Venom dan Jetbus MD 2+ pertama kali diperkenalkan kedua karoseri ke pasar pada 2014 lalu. Karoseri Adi Putro pertama kali memamerkan Jetbus MD 2+ ini di perhelatan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Di pameran ini, Adi Putro memamerkan dua unit sekaligus, sekaligus juga memamerkan dua bus medium terbaru dari PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Bus pertama berplatform Isuzu NQR 71 dan bus kedua berplatform Isuzu FRR 190 yang sasisnya lebih panjang.

Isuzu FRR 190 merupakan tipe bus medium berbodi panjang yang menjadi kompetitor head-to-head dengan bus medium bersasis panjang Hino FC 190 dari PT HMSI. Dari spesifikasi, kedua bus hampir setara. Mesinnya misalnya, sama-sama mampu menghasilkan tenaga maksimum 190 horse power (PS).

Perbedaan keduanya antara lain di selisih panjang chassis yang hanya terpaut sedikit. Daya angkut kedua tipe bus ini adalah sekitar 40 orang penumpang dengan konfigurasi bangku 2-2 di baris kiri dan baris kanan.

Sementara, model Venom dari karoseri Tentrem, sebelumnya sejak pertama diperkenalkan ke pasar sudah banyak diaplikasikan Tentrem pada bus medium dengan dimensi chasis lebih pendek. Misalnya, pada chassis Hino FB130 dan di Mitsubishi Fuso FE 71 Long, FE 83 dan FE 84 atau di Isuzu NQR 71 dengan kapasitas angkut penumpang maksimal 30-35 orang. Sejumlah operator bus pariwisata dan institusi pemerintah dan swasta banyak memesan dan mengoperasikan bus Venom ini.

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan