New Armada Segarkan Desain Bus Besarnya dengan Evolander

Foto: New Armada
Foto: New Armada

Jakarta, MobilKomersial.com – Persaingan merebut pasar yang makin sengit diantara sesama industri karoseri di Indonesia membuat Karoseri New Armada, di Magelang, Jawa Tengah, melakukan penyegaran pada line up produk bus besarnya yang dipasarkan di Tanah Air.

Bus dengan desain terbaru tersebut sudah beredar dan ditawarkan oleh marketing karoseri ini ke konsumen. New Armada memberi nama Evolander pada bus teranyarnya ini. Boleh dibilang Evo Lander merupakan versi facelift dari generasi Evonext dari karoseri yang sama. Evonext sendiri merupakan versi penyegaran dari generasi Evobus yang rilis ke pasar beberapa tahun lalu. Seperti dua generasi sebelumnya, Evo Lander diaplikasikan New Armada untuk bus besar berkapasitas 45 hingga 60 penumpang.

Ada banyak hal baru yang lebih segar pada tampilan Evolander ini jika dibandingkan dengan generasi Evonext. Paling terasa adalah pada aspek eksteriornya. Misalnya, lampu depan sudah mengadopsi tren bus-bus terbaru yang dirilis oleh karoseri mainstream saat ini, yakni mengadopsi lampu dengan teknologi LED.

Tampilan headlamp DG 2013-5B ini dipermanis oleh tampilan rumah lampu kabut (foglamp) yang menyerupai boomerang, senjata tradisional khas suku Aborigin di Australia. Pada foglamp ini disertakan pula lampu DRL berteknologi LED model ZYQWD130-1.

Aksen hitam di bawah kaca depan plus tarikan garis di bawahnya membuat tampilan cowl depan bus ini terlihat lebih manis dan elegan. Di sisi samping, garnis di pilar kaca samping dari bahan fiber di generasi Evo Lander tampil lebih bold. Lebih berani dan lebih tebal dengan kelir silver yang mengesankan ketangguhan.

Foto: New Armada
Foto: New Armada

New Armada tetap mempertahankan desain fender (rumah roda) baik di roda depan maupun belakang dengan aksen tarikan yang khas seperti bisa dijumpai pada generasi Evobus maupun Evonext.

Faktor penyegar lainnya pada sosok Evolander ini adalah grill alias kisi-kisi angin di ruang mesin di bagian belakang bus. Kisi-kisi angin dibagi dua bidang besar dengan aksen warna hitam, turret punch plus bending.

Permainan tarikan garis segi tujuh di bawah kaca belakang membuatnya terlihat gagah. Tail lamp-nya menggunakan model WY-HZ077.

Aksesoris lainnya di bus ini adalah side lamp ZYCZSD-13-2 sebanyak 3 buah, side lamp Setra HD dan emblem stainless Evolander. Spionnya menggunakan spiontanduk yang sekarang lagi hype model KW-26. Pada bus dalam foto ini, platform yang digunakan adalah Hino R260 (mesin belakang).
Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan