China Punya Fasilitas Charging yang Bisa Tampung 30 Bus Listrik

Fasilitas isi ulang baterai untuk bus listrik di Xiaoying Terminal, Kota Beijing
Fasilitas isi ulang baterai untuk bus listrik di Xiaoying Terminal, Kota Beijing

Beijing, MobilKomersial.com – China terus mengembangkan teknologi bus ramah lingkungan, berikut fasilitas pengisian ulang baterainya. China State Grid, kini resmi mengoperasikan fasilitas pengisian baterai untuk bus listrik terbesar di dunia.

Fasilitas terminal pengisian baterai ini mampu menampung 30 bus sekaligus dalam waktu bersamaan dan bisa mengisi ulang baterai bus dalam tempo cepat. Terminal pengisian ulang baterai ini ditempatkan di Kota Beijing, tepatnya di Xiaoying Terminal seluas 26.500 meter  persegi. Terminal ini dilengkapi dengan 25 360 kW chargers dan lima 90 kW chargers, dan bisa melayani pengisian ulang untuk 30 bus listrik transit pada saat bersamaan.

Xiaoying Terminal sebelumnya merupakan terminal yang didesain untuk layanan isi ulang gas untuk bus kota hybrid. Namun kini sedikitnya ada 10 rute bus kota yang sudah dikonversi dari bus hybrid berbahan bakar gas ke bus listrik. Bus kota rute 13 misalnya, kini menggunakan armada bus listrik buatan Foton dengan baterai yang disuplai oleh Microvast.

Proses pengisian ulang di terminal ini hanya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit. Pengemudi biasanya mengisi ulang baterai busnya di terminal ini 2 sampai 3 kali per harinya. Menurut situs Busworld, layanan terminal isi ulang baterai ini ke depan akan diperluas agar bisa menampung lebih banyak bus lagi seiring dengan akan terus dilakukannya konversi dari bus hybrid ke bus listrik di Kota Beijing.

 

 

Tinggalkan Balasan