Inikah Sosok Bus Terbaru Karoseri Laksana yang Akan Tampil di IIBT 2016?

Foto: Laksana Bus Mania & Lovers
Foto: Laksana Bus Mania & Lovers

Jakarta, MobilKomersial.com – Kabar akan digelarnya pameran tahunan bus dan truk serta industri komponen pendukung otomotif, IIBT 2016, di JIExpo, Kemayoran, mulai 29 Maret 2016 nanti mulai banyak diperbincangkan di kalangan pemerhati bus dan industri jasa transportasi.

Salah satu yang menjadi perbincangan adalah bus terbaru dari Karoseri Laksana Ungaran, Semarang, yang bernama Maxibus XHD. Kode XHD yang tersemat di bus ini bermakna extra high deck, alias bus ini didesain dengan dek atau lantai penumpang yang ekstra tinggi.

Ya, bisa jadi inilah bus super atau ekstra high deck keempat yang diproduksi oleh kareseri di Indonesia setelah bus Jetbus 2 Super High Deck (SHD) dari Karoseri Adi Putro, Malang, dan bus high decker dari Karoseri Rahayu Santosa, Bogor, serta Karoseri Nusantara Gemilang, Kudus, yang selama ini sudah wira-wiri dioperasikan sebagai bus malam dan bus pariwisata di Pulau Sumatera dan Jawa serta Sulawesi.

Bila dilihat tampilan eksteriornya, basic model dasar Maxibus XHD (tarikan garis bodi) mengacu pada Discovery, bus besar dari Karoseri Laksana yang selama ini banyak dipesan dan dioperasikan sebagai bus ekonomi AC oleh perusahaan otobus antarkota di Jawa Timur.

Namun, jangan keliru, banyak hal baru di Maxibus XHD ini. Antara lain, lantai dek yang didesain lebih tinggi dari Discovery, penggunaan lampu depan berteknologi LED, serta desain gril depan dan aksen di cowl belakang yang baru, dan tentu saja lebih segar.

Perusahaan otobus yang telah memesan bus ini adalah PO Putera Mulya. PO di Jawa Tengah ini kabarnya memesan 4 unit Maxibus XHD dan menjadi konsumen pertama untuk bus model ini. Platform atau sasis yang digunakan adalah Mercedes-Benz OH 1836.

Akankah Karoseri Laksana memamerkan bus luks ini di IIBT 2016 nanti? Kita tunggu saja pembuktiannya.

 

 

Penulis: M. Arif

1 thought on “Inikah Sosok Bus Terbaru Karoseri Laksana yang Akan Tampil di IIBT 2016?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: