Karoseri Rahayu Santosa Rancang Bus Transjakarta Terbaru

Pulau Lombok Resmi Mempunyai Bus Kota ala Transjakarta

transjakarta karoseri rahayu sentosaJakarta, Mobilkomersial.com – Karoseri Rahayu Santosa (RS), Bogor, diam-diam baru saja merilis bus terbaru tipe bus besar khusus untuk aplikasi bus kota.

Bus yang sepertinya belum diberi nama ini tampil cukup elegan sekaligus unik. Menurut pihak RS, konsep khusus pada bus kota bus ini bisa kita temukan saat masuk ke dalam kabinnya.

Sebagai bus yang dioperasikan untuk operasional sehari-hari dengan jam kerja yang panjang, bus ini dirancang mudah dalam perawatan, dengan komponen suku cadang bodi yang mudah didapat serta tahan lama. Secara keseluruhan, desain bus ini dirancang simpel, namun tetap elegan dan enak dilihat.
Menyimak bagian depannya, ciri khas bus ini terlihat pada penggunaan lampu utama (headlamp) ganda model tumpuk dengan bingkai (frame) warna silver, menampilkan citranya yang retro. Di bagian bumper bawah yang menyatu dengan bodi, tersemat sepasang lampu kabut. Aksen hitam tampil di bagian bawah kaca depan.
Di bagian bodi samping, garis bodi bus ini tampil sederhana dengan aksen coakan menurun pada bagian depan. Pintu untuk akses naik dan turun penumpang ditempatkan di tengah.transjakarta karoseri rahayu sentosa2
Tampilan bagian belakang bus ini unik dengan gril horisontal lima bilah warna gelap, sebagai kisi-kisi udara untuk mendinginkan ruang mesin. Ada tambahan dua gril horisontal di bagian bawah kaca sewarna bodinya yang biru.

Lampu belakang (stoplamp, lampu sein, lampu mundur) juga tampil model tumpuk. Di bagian bumper, tersemat reflektor berdesain simpel berukuran kecil.

Menengok ke kabinnya, kabin bus ini menggunakan lantai tipe tinggi seperti bus Transjakarta pada umumnya. Kursi penumpang model saling berhadapan yang menempel pada dinding bus. Di bagian belakang, sebaris kursi ditempatkan dengan posisi lebih tinggi dari lantai menyesuaikan dengan ruang mesin di bawahnya. Untuk mengakomodasi penumpang dalam jumlah banyak, bus ini menyediakan juga pegangan tangan untuk penumpang berdiri.transjakarta karoseri rahayu sentosa (kabin)

Adapun bus ini menggunakan mesin Hino R260 bermesin belakang. Rencananya, mulai awal pekan ini, bus ini sudah dioperasikan sebagai armada bus kota di Jakarta.
“Mulai pekan ini sudah bisa dinaiki warga Jakarta, dioperasikan oleh PPD untuk PT. Transjakarta,” sebut RS dalam pernyataannya.
Semoga bisa menambah kenyamanan warga Jakarta dalam bepergian dengan angkutan umum.
Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan