Pesona Si Jangkung Highlander Berchassis Mercedes-Benz OC500 RF 2542

Jakarta, MobilKomersial.com – Pameran tahunan bus, truk, industri komponen dan aksesoris IIBT 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, baru saja ditutup Jumat pekan lalu. Namun, banyak hal menarik dan baru yang bisa diceritakan dari pameran ini. Antara lain, hadirnya bus-bus terbaru dari beberapa karoseri bus di Tanah Air yang tampil menjadi peserta pameran.

Karoseri New Armada, menampilkan bus tingkat Highlander. Bus bermesin Mercedes-Benz OC 500RF 2542 ini tampil begitu jangkung di Hall D JIExpo. Bus yang dipamerkan merupakan bus pesanan perusahaan properti Agung Sedayu Group yang rencananya didonasikan untuk Pemerintah DKI Jakarta.

Menurut Yerry, staf pemasaran Karoseri New Armada di lokasi pameran, bus ini dirancang memiliki lantai rendah demi memudahkan akses penyandang diasabilitas dan kaum lansia untuk naik. Kabin bus terdiri dari dua bagian, yakni di dek bawah dan dek atas. Namun jumlah kursi di dek bawah tidak sebanyak di dek atas.

Terdapat anak tangga untuk akses penumpang naik di dek atas. Bus ini tampil mempesona dengan penggunaan lampu LED bernuansa biru yang bisa dinyalakan pada malam hari atau saat hari mulai gelap.

Dari sisi eksterior, bus Highlander tak berbeda jauh dari saudaranya, Evolander, bus terbaru produksi New Armada yang juga ikut dipamerkan di IIBT 2016. Hal itu antara lain terlihat pada bagian muka. Sementara, di bagian ekor, tampilan Highlander sedikit berbeda dari Evolander.

Antara lain dari penggunaan stop lamp. Tim desainer New Armada sengaja memilih lampu belakang tipe vertikal untuk memperkuat kesan bus jangkung di Highlander. Panjang bodi bus ini mencapai 13,8 meter dan tinggi 4,2 meter.

Berapa harga jual bus ini? Yerry menyebutkan Rp 2,750 miliar dalam kondisi karoseri sudah lengkap termasuk fitur-fitur di interior, namun tidak termasuk chassis bus.

 

 

Penulis: M. Arif

Tinggalkan Balasan