Bus Legacy Sky SR-2 Ide Desainnya dari Bus-bus Mewah di Eropa

legacy sr-2Jakarta, MobilKomersial.com – Karoseri Laksana memperkenalkan bus terbaru Legacy Sky SR-2 sebagai penyegaran atas model seri sebelumnya, Legacy Sky SR-1. Bus terbaru ini untuk pertama kalinya dihadirkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS ) 2016 di BSD, Tangerang, 11-21 Agustus 2016.

Bus ini tampil sepenuhnya baru, terutama dari sisi eksterior. Dibandingkan versi terdahulu, Legacy Sky SR-2 tampil lebih elegan dengan aksen garnis di bodi samping yang terlihat lebih menyatu dengan dinding bodi.legacy sr2-123
Kusririn, yang menjadi desainer bus ini mengatakan, Legacy Sky SR-2 sepenuhnya digarap untuk membidik segmen pasar bus mewah di Indonesia, terutama untuk pebisnis bus pariwisata dan bus antarkota.
“Bus ini sepenuhnya untuk sasis bermesin belakang, tidak untuk sasis bus bermesin depan,” kata Kusririn kepada media di sela GIIAS 2016.

Untuk merancang bus ini dia mengaku banyak mengambil ide dasar dari desain bus-bus premium di Eropa.
“Kita banyak mengambil ide dari desain bus-bus di Eropa. Tampilan bus-bus di Eropa lebih elegan, dibandingkan bus-bus di negara misalnya di Amerika,” katanya.

Di GIIAS 2016, Karoseri Laksana memamerkan dua unit Legacy SKy SR-2. Satu unit menggunakan sasis Hino RK8 berkelir merah marun dan satu unit menggunakan sasis Scania dan merupakan bus pesanan Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (SAN), Bengkulu.legacy sr 2-1a
Masing-masing bus dilengkapi dengan televisi layar datar, kursi reclining seat, dan toilet yang ditempatkan di bagian tengah.
Penempatan ruang toilet ini sangat efisien alias tidak memakan tempat karena ditempatkan di sebelah trap tanggga akses naik dan turun penumpang di bagian tengah bodi.

Pada versi bus pariwisata yang berkelir merah marun, Karoseri Laksana menambahkan area merokok di kabin paling belakang yang mampu mengakomodir lima orang, dan diberi sekat dengan dinding kombinasi partisi dan kaca.

Karoseri Laksana juga membuatkan area bersantai dengan sepasang sofa empuk yang ditempatkan saling berhadapan di depan ruang smoking area.
Sepanjang pameran, dua bus ini memancing minat pengunjung, termasuk kalangan pengusaha bus.
Tak sedikit pengunjung yang membawa serta keluarga, memanfaatkan kabin bus ini berfoto bersama.

 

Penulis : M. Arief

Tinggalkan Balasan