Kali Ini Giliran Australia Uji Coba Bus Tanpa Sopir

foto : Istimewa
foto : Istimewa

Perth, MobilKomersial.com – Untuk pertama kalinya kendaraan bus otonom atau tanpa pengemudi diuji di South Perth, Australia, Rabu (31/8) waktu setempat. Kendaraan berkapasitas 11 orang penumpang tersebut diuji pada kecepatan rata-rata 25 kilometer per jam dengan rute dari Old Mill ke Taman Sir James Mitchell yang berjarak 6,4 km dari pusat kota Perth.

Dilansir dari PerthNow.com.au, Rabu (31/8), Perusahaan asuransi RAC membeli bus berbahan bertenaga listrik driverless itu pada April lalu seharga 250.000 dolar Australia atau setara dengan Rp 2,5 miliar. Bus yang sebenarnya mampu dipacu hingga 45 kilometer per jam itu menggabungkan beberapa teknologi yang memungkinkan kendaraan berjalan tanpa supir. Seperti deteksi dan sensor penjaga jarak (LIDAR) yang menggunakan cahaya matahari untuk memetakan kondisi sekitar kendaraan dan mengukur jarak. Selain itu, bus swakemudi ini juga dilengkapi kamera, GPS, odometer, dan rem darurat.

Terry Agnew, CEO RAC seperti yang dikutip dari jaringan ABC.net.au menyebutkan bahwa 90 persen kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh kesalahan mansia. Maka dari itu kendaraan tanpa sopir diharap dapat menekan angka kecelakaan.

“Dalam 20-30 tahun ke depan kita akan melihat kendaraan-kendaraan tanpa sopir akan berjalan berdampingan dengan kendaraan yang masih dikemudikan manusia. Ini seperti satu abad yang lalu, ketika Anda mengendarai kendaraan bermotor dan berbagi jalan dengan orang lain yang masih mengendarai kuda,” jelas Agnew.

Uji coba bis tanpa sopir dikenalkan pertama kalinya di dunia dilakukan di Belanda. Kendaraan tanpa sopir akan mengubah beberapa peraturan lalu lintas dan marka jalan guna mewujudkan hadirnya era mobil tanpa sopir tersebut.

“Dalam uji coba selama 3 bulan ini, kita akan bisa lebih memahami hal-hal apa saja yang harus diakomodir,” kata Menteri Inovasi Bill Marmion.

 

Sumber : Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan