Transjakarta Bersama Pemprov DKI Jakarta Resmi Tambah 116 Unit Bus Baru

PT Transjakarta Targetkan Tambah 3.000 Bus Unit, TransJakarta Akan Mendapatkan Dana Tambahan PSO di Tahun Mendatang
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Pemprov DKI Jakarta secara resmi meluncurkan bus baru Transjakarta sebanyak 116 unit armada yang akan dioperasikan di wilayah Ibukota pada Rabu, 19/10/2016) di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Dari 116 unit bus yang diluncurkan, berasal dari tipe bermacam-macam, mulai dari bus single, low entry, medium, hingga maxi.

Bus single itu sendiri diluncurkan sebanyak 100 unit setinggi 12 meter, low entry sebanyak 3 unit, 1 unit bus medium ukuran 10, 8 unit bus maxi milik operator Mayasari Bhakti yang dioperasikan oleh Transjakarta serta 4 unit bus tingkat hibah.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, penambahan ratusan unit bus baru ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pemprov DKI sangat berterimakasih kepada PT Transjakarta karena sudah bekerja cepat.

“Saya berterima kasih kepada Transjakarta untuk penambahan bus-bus ini. Penambahan unit-unit armada baru tersebut, kami mengharapkan akan semakin banyak lagi warga yang meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih ke bus Transjakarta,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan, dengan adanya penambahan armada bus tersebut, maka jumlah bus Transjakarta saat ini 1.347 unit bus yang sudah siap dioperasikan.

“Pada akhir 2017, kami targetkan bisa mengoperasikan bus lebih dari 3.000 unit. Bus-bus yang baru ini akan kami operasikan di rute-rute yang memang perlu penambahan armada. Pasalnya saat ini jumlah pelanggan Transjakarta sudah meningkat 43 persen dari semula 274.000 pada Januari, saat ini sudah mencapai 420.400 di bulan September,” kata Budi.

Dijelaskannya, pihaknya sudah memutuskan untuk membeli sebanyak 300 unit bus low entry yang merupakan bagian dari pengadaan sampai tahun 2017. Dimana akan memudahkan saat naik bus karena memiliki lantai rendah sehingga ramah terhadap difabel. Bus low entry ini rencananya akan menggantikan angkutan regular di Jakarta seperti Kopaja, Metromini, Mayasari dan PPD.

Dalam kesempatan yang sama, Pihak Transjakarta juga meluncurkan dua unit bus vintage series dengan pola PPD. Edisi tersebut untuk mengenang peran PPD saat mereka bisa melayani warga Jakarta.

Tidak hanya meluncurkan bus, Transjakarta juga meluncurkan Transjakarta Cares yang dikhususkan untuk difabel sebanyak 5 unit, Mobil tersebut akan diawaki seorang pramudi dan satu orang petugas khusus.

Tinggalkan Balasan