Dari Sini Mekanik Handal Mercedes-Benz Tercipta

photo (3)Tangerang Selatan, MobilKomersial.com – Di industri otomotif, after sales merupakan sebuah layanan yang tak kalah pentingnya dari penjualan. Tak khayal, banyak pabrikan otomotif yang bahkan lebih mengedepankan layanan ini.

Untuk mendukung sebuah layanan purna jual yang baik, dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Untuk hal ini, Mercedes-Benz membangun pusat pelatihan yang disebut MB Indonesia Training Activity.

Berlokasi di Jalan RE. Martadinata, Ciputan, Banten, Training Activity ini sudah berdiri di atas lahan seluas 6,4 hektarare, yang terdiri dari Central Training Department, Technical & Service Department dan After-Sales Logistic Department, yang menunjang pelayanan purna jual dari Mercedes-Benz di Indonesia.

Mercedes-Benz merupakan perusahaan otomotif pertama di Indonesia yang memperkenalkan program 3 tahun yang disebut sebagai Automotive Mechatronic Program guna melahirkan lulusan mekanik handal, yang nantinya akan ditempatkan di berbagai Authorized Dealer dari Mercedes-Benz di seluruh Indonesia.

Selain itu, Central Training Department Mercedes-Benz Indonesia telah ditunjuk sebagai Center of Competence untuk wilayah South East Asia dan North East Asia. Dengan demikian, Mercedes-Benz Indonesia telah dipercaya untuk mengadakan pelatihan produk terbaru bagi kendaraan niaga di wilayah tersebut, seperti truk, bus dan juga Unimog.

Tema green industry langsung terasa sejak memasuki gerbang utama. Di dalamnya, terdapat ruang kelas, depo penyimpanan spare parts hingga asrama untuk menampung calon mekanin handal yang sesang mengikuti pelatihan.

Mercedes menyaring siswa-siswa terpilih dari berbagai SMU hingga SMK yang berada di seluruh Nusantara. penyaringan terdiri dari berbagai tahapan, mulai administrative selection, aptitude test, interview dan terakhir medical check up.

Siswa yang terpilih nantinya akan menerima pendidikan hingga tahun ketiga sejak ia terpilih. Di Training Activity ini siswa terpilih akan menerima berbagai bahan pelajaran mulai dari teori hingga praktik. Setelah lulus, mereka akan dipekerjakan di salah satu jaringan diler resmi purna jual Mercedes-Benz Indonesia. Hal ini adalah salah satu cara yang tepat untuk menjaga standar jaringan diler Mercedes-Benz di seluruh Indonesia.

“Kami sangat bangga bahwa Mercedes-Benz di Indonesia telah ditunjuk sebagai pusat kompetensi untuk negara-negara dari Asia Tenggara dan Asia Timur. Artinya, kami juga terpercaya untuk melakukan pelatihan “train the trainer” mengenai produk-produk baru kepada praa kolega kami di dalam wilayah tersebut untuk kendaraan komersil seperti truk, bus, dan unimog,” ujar Heinrich Schromm, Director of After Sales Department di Ciputat,

 

Penulis : Zico Nurrasid

Tinggalkan Balasan