Perawatan Pada Ban Agar Usia Ban Panjang

ban-corsa-platinumPerawatan Pada Ban Agar Usia Ban Panjang

Jakarta, MobilKomersial.com – Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda dan bagian penting dari kendaraan darat, yang digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

Ban harus di jaga perawatannya agar tidak cepat rusak, Lalu bagaimana cara agar ban usia ban panjang?
Menurut Pak Arief yang merupakan technical Support ban Achilles dan Corsa mengatakan,”Ban memiliki tekanan angin yang harus selalu diperhatikan agar usia ban panjang.”

Selalu cek tekanan angin pada ban sebelum melakukan aktifitas sehari-hari. Panjang pendek usia ban sangat dipengaruhi oleh tekanan angin dan beban kendaraan.

Jangan lupa cek pentil pada ban, harus ada penutup pentil untuk menghindari kontaminasi udara yang masuk ke dalam ban.

Beban juga menjadi salah satu penyebab panjang pendeknya usia ban. Apabila beban nya berat, naikan tekanan ban-motorangin dari yang standar nya. Misalnya standarnya 34 untuk ban belakang, naikan menjadi 35 atau 36psi. Apabila ingin disemir ban nya, cari semir ban yang sudah di rekomendasikan.

Musuh utama ban adalah oli, Terkadang saat mengganti ban, tukang ban dipinggir jalan suka menggunakan oli pada bibir ban agar dapat mudah masuk ke dalam pelek. Hindari hal tersebut karena dapat merusak ban itu sendiri. Lebih baik gunakan cairan sabun.

Dan bagi yang biasa melakukan perjalan jauh seperti touring, usahakan mengganti angin pada ban menjadi nitrogen. Karena kalau menggunakan angin biasa, tekanan di dalam ban akan menjadi cepat naik secara drastis dan menyebabkan pemuaian yang tentunya dapat memperngaruhi usia ban.

Tinggalkan Balasan