Demi Urai Kemacetan, PO Sinar Jaya dan BPTJ Siapkan Bus Kota Mewah “JR Connexion”

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Jakarta, MobilKomersial.com – Bus kota mewah. Ya, JR Connexion atau Jabodetabek Residence Connexion akan hadir di wilayah perumahan. Konsep bus kota mewah dengan bangku konfigurasi 2-2 adalah kerjasama antara Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan PO Sinar Jaya. Rencananya bus ini akan melayani rute dari beberapa kawasan perumahan di pinggiran Jakarta ke pusat kota atau central business district (CBD). Untuk uji cobanya sendiri, PO Sinar Jaya kabarnya akan terlebih dahulu menjalankan armada ini untuk feeder perumahan Kota Wisata, Cibubur dan Grand Wisata, Bekasi.

Chasis yang digunakan oleh bus ini terbilang istimewa, hasil rakitan tangan dingin mekanik PO Sinar Jaya. Menggunakan chasis ladder frame buatan PT Gemala Kempa Daya (Astra Group) ditenagai mesin Hino J08C-NA dengan transmisi manual 6 kecepatan yang semuanya masih dalam kondisi baru. Mesin jenis ini merupakan mesin yang sama jenis dengan mesin milik Hino RG, namun perbedaan terletak pada dilepasnya komponen turbo intercooler pada bus milik PO Sinar Jaya ini. Panel speedometer serta setir yang digunakan bus ini masih sama seperti milik Hino RG pada umumnya. Salah satu perbedaan lain antara bus ini dengan chasis Hino RG adalah penempatan knalpot yang ada pada sisi kiri seperti pada Hino RK-T.

Dengan hdarinya bus kota mewah, semoga bisa menarik minat masyarakat menengah keatas untuk memarkirkan mobilnya dirumah dan bepergian menggunakan bus untuk beraktivitas sehari-hari sehingga kemacetan bisa terurai.

 
Sumber : koran sinar

Tinggalkan Balasan