Waspada, Ini yang Bisa Membuat Mobil Terbakar

Mobkom-Image-Waspada,-Ini-yang-Bisa-Membuat-Mobil-Terbakar

Mobkom-Image-Waspada,-Ini-yang-Bisa-Membuat-Mobil-TerbakarSaat mendengar insiden mobil terbakar, tentu tiap orang merasa khawatir dan akan lebih berhati-hati saat mengemudi. Mobil terbakar merupakan sebuah bencana yang sangat menakutkan. Agar terhindar dengan terbakarnya mobil yang sedang dikemudikan, sebaiknya perhatikan faktor-faktor penyebab mobil bisa terbakar.

Secara umum, terdapat tiga sebab utama terbakarnya mobil, yaitu adanya sumber api seperti pemantik, berhubungan dengan bahan bakar, dan adanya konsleting pada kabel mesin mobil. Selain  tiga sebab utama terjadinya kebakaran pada mobil di atas, terdapat sebab lain yang berpotensi menyebabkan mobil dengan mudah terbakar. Berikut paparannya;

Kabel paralel bertumpuk pada aki

Penyebab terjadinya kebakaran pada mobil salah satunya adalah adanya kabel yang bertumpuk pada aki.  Biasanya kabel pada aki tidak kencang bautnya, sehingga kemungkinan terjadinya konsleting akan bertambah besar. Untuk pencegahan, sebaiknya sering memeriksa bagian baut atau pengikat kabel pada aki apakah sudah terpasang dengan baik. Pastikan bahwa baut kabel pada aki dalam keadaan kencang.

Adanya kabel yang terkelupas

Bisa saja terjadinya percikan api pada mobil disebabkan karena adanya kabel yang terkelupas. Biasanya penyebab utama terkelupasnya kabel pada mesin mobil karena kondisi mobil yang tidak stabil. Kabel yang sudah tua atau rapuh akan saling bergesekan hingga gesekan antar kabel tersebut akan meyebabkan kabel menjadi sobek. Dan jika kabel yang terkelupas tersebut saling bergesekan maka kemungkinan akan menimbulkan percikan api. Jika kita mencium aroma kabel terbakar pada saat sedang mengemudikan mobil, sebaiknya harus waspada. Bisa saja aroma terbakar tersebut berasal dari kabel yang terbakar akibat terjadinya gesekan antar kabel.

Ukuran kabel yang tidak sesuai

Menggunakan kabel yang tidak sesuai akan membawa dampak yang kurang baik untuk mobil kita. Sebaiknya kita menggunakan tipe kabel yang tepat untuk mobil kita untuk mengurangi resiko mobil terbakar. Penggunaan kabel yang tidak tepat akan mengakibatkan daya listrik yang berbeda. Perbedaan setrum yang dihasilkan oleh tipe kabel yang berbeda akan menyebabkan kabel menjadi memuai. Akibatnya, kabel akan menimbulkan percikan api yang bisa saja menjalar ke seluruh kabel pada mobil.

Bocornya selang bensin

Bocornya selang bensin pada mobil merupakan penyebab terbakarnya mobil yang paling familiar di telinga kita. Kasus ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah tua. Pada umumnya mobil tua mempunyai selang bensin yang berbahan serat kain. Tentu saja material ini sangat rapuh dan rawan terkena rembasan bensin sehingga kebakaran mobil tidak bisa dihindarkan lagi.

Tinggalkan Balasan