Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan
Tips Merawat Mobil di Musim Hujan
Foto: Dok MobilKomersial

Jakarta, MobilKomersial.com – Musim hujan telah tiba. Saatnya bagi anda pemilik kendaraan, roda empat khususnya, untuk melakukan perawatan ekstra pada mobil anda.

Hujan yang kerap turun selalu membuat mobil anda kotor dan kotor lagi. Selain itu, bila kita terkena genangan air, atau banjir, dapat merusak komponen-komponen yang terdapat di dalam mesin.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut, MobilKomersial mempunyai beberapa tips yang dapat membantu Komers sekalian. Berikut tips merawat mobil di musim hujan.

Jangan langsung dilap!

Air hujan pada dasarnya mengandung garam dan butiran-butiran kotoran halus. Molekul tersebut tanpa disadari dapat membuat mobil kita tergores. Lebih baik Komers siram mobil terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih, kemudian cuci dengan sabun dan gunakan lap khusus untuk mengeringkannya.

Mobil yang kehujanan harus segera dibersihkan

Molekul berupa kotoran atau garam yang terkandung di air hujan jangan sampai didiami selama tiga hari. Karena molekul tersebut dapat menimbulkan karat, jamur serta noda-noda air yang mengering.

Gunakan Pelindung Mobil

Penutup mobil atau cover dapat melindungi mobil anda dari air hujan dikala anda tak memakainya. Selain itu cover dapat melindungi mobil dari debu dan sinar matahari.

Periksa sistem pembakaran

Periksa selalu sistem pembakaran, seperti tangki bahan bakar, saluran bahan bakar, pompa bahan bakar dan saringan bahan bakar, apakah sudah perlu diganti atau tidak. Hal ini berguna untuk mengantisipasi adanya kebocoran.

Periksa sistem pengapian

Periksa juga keadaan koil dan platina, serta pastikan keadaan busi bebad dari kotoran. Ganti kabel busi bila sudah bocor, keras atau terlalu tua. Jangan lupa untuk memeriksa penutup busi, koil atau distributor. Bila bagian ini terdapat celah atau lubang, guyuran air cukup untuk mematikan mobil Komers sekalian.

Periksa sistem kelistrikan

Bagian ini tak kalah pentingnya. Periksa selalu komponen listrik apakah sudah berjalan baik, atau terdapat kabel yang mengelupas, kendor atau bahkan putus. Masuknya air ke dalam sistem kelistrikan dan kabel akan menyulut hubungan arus pendek, yang menyebabkan mobil mogok.

Tinggalkan Balasan