Armada Anyar Transjakarta Produksi Karoseri Nusantara Gemilang Siap Meluncur

1-2Jakarta, MobilKomersial.com – Karoseri Nusantara Gemilang di Kudus, Jawa Tengah, baru saja melakukan pengiriman beberapa unit bus untuk armada baru Transjakarta. Bodi karoseri bus-bus ini menggunakan merk Mercedes-Benz tipe OC 500 RF 2542 triple axle.
Berbeda dengan bus-bus Transjakarta yang dibuat oleh karoseri lain seperti Laksana (Ungaran), Trisakti (Magelang) atau Tentrem (Malang), yang tampil sangat kotak, armada Transkjakarta produksi Karoseri Nusantara Gemilang ini tampil sedikit unik.
Bagian mukanya yang merupakan pilar kaca depan sedikit rounded, meski tidak terlalu melengkung. Hal itu diperkuat dengan lampu depan (headlamp) model membulat terdiri dari tiga  buah dengan housing warna hitam dan dipasang sedikit vertikal. Desain ini membuatnya tampil beda dari bus-bus Transjakarta yang diproduksi oleh ketiga karoseri yang disebut tadi.
Meski bukan jenis bus low floor, Nusantara Gemilang mendesain akses pintu depan begitu rendah, hanya beberapa sentimeter ke permukaan aspal. Sementara, akses pintu utama untuk naik dan turun penumpang di halte busway tetap dibuat tinggi layaknya armada bus Transjakarta yang selama ini ada, sebanyak dua buah di sisi kiri dan kanan badan bus.
Di bagian atas kaca depan terpasang sign penunjuk trayek yang menyala saat bus dijalankan. Memperindah tampilan bus ini adalah sepasang spion model tanduk berkelir hitam plus spion bantu di sisi kanan pengemudi. Grill di bagian depan berkelir abu-abu plus emblem Mercedes-Benz.
Karena menggunakan mesin belakang, bagian buritan bodi bus ini dilengkapi dengan kisi-kisi hexagonal untuk memberikan ventilasi untuk mengurangi efek panas mesin.
Sebagai bus triple axle, armada bus Transjakarta ini memiliki total panjang bodi sekitar 13 meter.
Penulis : M. Arif

Tinggalkan Balasan