Askarindo Prediksi Industri Karoseri Bakal Stagnan di 2017

karoseriJakarta, MobilKomersial.com – Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) melalui Ketua Umum-nya, Sommy Lumadjeng memprediksi, tahun ini, industri karoseri bakal stagnan.

“Potensi industri karoseri untuk tumbuh mungkin enggak ada. Saya perkirakan akan stagnan,” kata Sommy usai konferensi pers Railway Tech Indonesia 2017 dan IIBT 2017 di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Selasa (24/1).

Sommy mengatakan, industri karoseri saat ini jalan di tempat, karena pengaruh penurunan ekonomi global. Jumlah permintaan karoseri turun karena pelemahan daya beli. “Karena, ya kita ini tergantung siapa yang belanja. Kalau pembelinya stagnan, kita juga,” ujarnya.

Penurunan yang terjadi berlaku untuk kendaraan penumpang maupun niaga. “Sama turunnya,” kata Sommy.

Stagnansi yang terjadi juga akibat permintaan dari pemerintah mulai berkurang. Menurut Sommy, selama ini permintaan karoseri untuk kendaraan penumpang paling banyak dari pemerintah yakni, TransJakarta dan Kementerian Perhubungan.

“Pengadaan dari Kemhub sudah tidak ada lagi. Yang saya dengar sekarang permintaannya cuma kendaraan-kendaan perintis. Kalau TranJakarta, akan tambah 2.000 unit tahun ini. Belum tahu siapa yang dapat, kan ditender di LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah) semua nanti,” paparnya.

 

Sumber : kontan

Tinggalkan Balasan