Kualitas Sebuah Karoseri Cerminan Identitas

Bus kota rakitan Karoseri Laksana, Ungaran 1Jakarta, MobilKomersial.com – Kualitas hasil pengerjaan menjadi taruhan bagi perusahaan karoseri dan menjadikannya sebagai sebuah identitas untuk menggaet kepercayaan dari kolega maupun klien mereka.
Laksana Karoseri yang dipercaya perusahaan di bidang jasa angkutan umum bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) seperti Safari Dharma Raya, Sumber Alam, ALS (Antar Lintas Sumatra) dan masih banyak lagi.

Bahkan di tahun 1994, New Armada mendapat kepercayaan dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen pemegang merek kendaraan komersial Mitsubishi di Tanah Air, untuk merakit minibus Colt T120 SS yang dikenal dengan sebutan MOC (Mitsubishi Original Component).

Namun ada pula yang sebatas menerima order untuk pembuatan bodi kendaraan niaga berukuran lebih kecil. Seperti bak atau boks untuk mobil pikap dan light duty truck serta upgrade ke versi small bus.

Seperti ditawarkan PT Roda Nada Karya (Karoseri Roda) di kawasan industri Cikupa, Tangerang, dengan dominasi kendaraan komersial macam light duty truck serta beberapa mobil pikap.

legacy sky karoseri laksana
foto : istimewa

Menurut Sukendro Kuntjoro dari Karoseri Roda, jenis light duty truck seperti Isuzu Elf paling banyak masuk ke pabrik perakitannya. “Truk tersebut (Elf) memiliki wheel base paling panjang di antara merek lain, tak heran kalau banyak yang order buat dijadikan micro atau small bus untuk berbagai kebutuhan,” papar Kendro sapaannya.

Pembuatan bodi, sambung Kendro, umumnya mengandalkan material fiber agar mudah dibentuk sesuai desain yang direncanakan. Sedangkan untuk pembuatan boks, pihaknya lebih concern pada pemakaian material berbahan aluminium composite.

“Aluminium composite itu punya karakter lebih kuat, ringan dan tidak menyerap panas. Kalau retak atau pecah akibat kecelakaan, masih bisa di-repair dengan hasil mendekati kondisi aslinya menggunakan metoda khusus,” urai Artha Priyandra, pakar karoseri Tanah Air.

Tinggalkan Balasan