100 Unit Bus Maxi Mercedes-Benz OC500 RF 2542 Resmi Memperkuat Armada Transjakarta

Bus TransJabodetabek

Jakarta, MobilKomersial.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah lagi jumlah armadanya dengan mengoperasikan 100 unit bus maxi (triple axle) Transjakarta. Bus ini menggunakan sasis bus paling premium dari Mercedes-Benz saat ini. Yakni, Mercedes-Benz OC500RF 2542 6×2. Sasis bus ini memiliki panjang hingga 13 meter dan kabinnya sanggup mengangkut hingga 100 penumpang, termasuk penumpang berdiri.
Beberapa unit bus Mercedes-Benz OC500RF 2542 sebelumnya sudah lebih dulu dioperasikan pengusaha bus untuk armada bus malam AKAP di Pulau Jawa dan Sumatera.

Ke-100 unit bus Mercedes-Benz OC500RF 2542 ini bodi karoserinya dikerjakan oleh Karoseri Nusantara Gemilang di Kota Kudus, Jawa Tengah. Ini adalah industri karoseri yang relatif baru yang sebelumnya pernah mengerjakan pembuatan bodi bus tingkat wisata yang dioperasikan di DKI Jakarta.
Menurut Direktur Utama PT Transkarta, Budi Kaliwono, bus maxi ini telah ditingkatkan standar kenyamanannya untuk penumpang dengan menggunakan bahan kulit untuk kursi penumpang. Dia menyebutkan, harga bus ini mencapai Rp 2,5 miliar per unit.

Bus Transjakarta terbaru bermerek Mercedes-Benz

Kabin bus maxi Transjakarta dari Mercedes-Benz ini dirancang dengan bangku menghadap depan dengan dasbor yang didesain sederhana dan fungsional.

Selama ini layanan bus maxi di jajaran armada Transjakarta telah dilayani dengan armada Scania K410IB. Merk bus Eropa lainnya, yakni Volvo, disebut-sebut juga memasok armada bus maxi melalui salah satu perusahaan mitra swasta dengan armada yang dipasok oleh PT Indotruck Utama.

 

Penulis : M. Arif