4 Unit Scania Opticruise Perkuat Armada PO Gunung Harta di Trayek Malang-Jakarta dan Banyuwangi-Jakarta

4 Unit Scania Opticruise Perkuat Armada PO Gunung Harta di Trayek Malang-Jakarta dan Banyuwangi-Jakarta

MobilKomersial.com –  4 Unit Scania Opticruise Perkuat Armada PO Gunung Harta di Trayek Malang-Jakarta dan Banyuwangi-Jakarta. Perusahaan Otobus (PO) Gunung Harta menambah empat armada baru kelas premium untuk memperkuat trayek bus malam antar kota antar provinsi (AKAP}-nya di Pulau Jawa dengan bus Scania K410B Optcruise. Keempat bus Scania K410IB Opticruise ini sudah selesai dari proses pembuatan bodi kbin busnya di Karoseri Adi Putro, Malang, dengan model Jetbus 2+.
Dari keempat armada tersebut, rinciannya diperkirakan dua unit untuk armada Banyuwangi-Jakarta dan dua unit untuk armada di trayek Malang-Jakarta.

PO Gunung Harta

Cukup percaya diri menggarap trayek ini meski untuk trayek Malang-Jakarta misalnya, harus bersaing keras dengan moda angkutan lain seperti pesawat terbang dari beberapa maskapai yang memiliki rute langsung Malang-Jakarta, dan moda kereta api seperti KA Gajayana dan Majapahit yang memiliki rute dari Malang ke Jakarta setiap hari.

Bus Malam AKAP

Rute Malang-Jakarta di layanan bus malam AKAP terbilang rute gemuk. Ini lantaran ada sejumlah PO besar yang sejak lama bermain di trayek ini. Diantaranya, PO Kramat djati, PO Lorena, PO Pahala Kencana dan yang terbaru, PO Medali Mas.
PO Gunung Harta sudah melayani rute Malang-Jakarta sejak sekitar satu tahun terakhir. Rute ini melintasi kota-kota seperti Surabaya-Tuban-Semarang dan Cirebon. PO Gunung Harta selama ini juga melayani rute Jember-Jakarta, bersaing dengan PO Akas Asri dan PO Lorena.

Scania K410IB Opticruise

Armada Scania K410IB Opticruise yang dioperasikan PO Gunung Harta di rute Malang-Jakarta dan Banyuwangi-Jakarta dilegkapi sejumlah fitur yang memanjakan penumpang. Diantaranya, kursi reclining seat, layar televisi LCD, toilet dan smoking area. Bangku penumpang dikonfigurasi 2-2. Sementara, sasis Scania K410IB yang digunakan untuk kedua trayek ini merupakan tipe bus premium yang dipasarkan Scania melalui distributor tunggalnya di Indonesia, PT United Tractors Tbk, saat ini.

Performa

Bus ini menggunakan penggerak 8 roda triple axele dengan konfigurasi 6×2. Kaki-kakinya sudah dilengkapi dengan suspensi udara yang built-in, brake retarder, dan transmisi matik Opticruise. Bus ini menggunakan mesin berkapasitas 13 liter tipe DC13 107 K01 Euro 3, 4 sroke enam silinder in-line dengan empat katup per silindernya. Mesin ini dilengkapi dengan turbocharged, intercooler dan Scania PDE Injection dan air cleaner. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 306 kW atau 40 horse power pada 900 rpm/menit dan torsi tertinggi 2000 Nm pada 1000-1350 rpm/menit dengan garbokx GRS895R 12 percepatan.

4 Unit Scania Opticruise Perkuat Armada PO Gunung Harta di Trayek Malang-Jakarta dan Banyuwangi-Jakarta
kredt foto: Gunung Harta Lovers

 

Penulis : M.Arief