London, MobilKomersial.com – Setelah di beberapa kota di dunia, bus otonom atau bus tanpa sopir juga sedang diuji coba di London, Inggris. Bus swakemudi di Negeri Tiga Singa ini merupakan teknologi pertama kali dimana masyarakat setempat bisa merasakan naik shuttle bus mini otomatis.

Shuttle bus yang akan melayani rute menuju Greenwich, London ini telah diuji oleh sekitar 100 orang dan kabarnya dijadwalkan akan berlangsung selama tiga pekan ke depan.

Seperti dikutip dari BBC, pada Kamis (6/4/2017), bahwa kendaraan prototipe ini dikendalikan dengan komputer yang di dalamnya dilengkapi dengan 5 kamera dan tiga laser hingga kecepatan 16,1 kilometer per jam. Selain itu, bus baru ini juga melatih penumpang untuk mengatakan “stop” seandainya bus tidak bisa dikendalikan. jika terjadi kesalahan, penumpang bisa pergi ke ruang kemudi dan mengendarai secara manual. Untuk itu, bus ini tetap akan ada petugas yang bisa memberhentikan bus di halte tertentu jika dibutuhkan.

Oxbotica, Perusahaan Oxbotica melaui Dr Graeme Smith yang mengembangkan kendaraan bus tersebut mengatakan, slot dalam bus hanya tersedia untuk 100 orang, namun antusias masyarakat mencapai 5.000 pendaftar untuk menjadi bagian dari uji coba bus.

“Kami ingin mengetahui bagaimana respon dan masukan dari pengguna yang merasakan bagaimana berkendara dari titik A ke B dengan bus ini,” kata CEO Oxbotica Graeme Smith, seperti dikutip BBC.

Sesuai namanya, bus otonom ini berukuran kecil, hanya bisa mengangkut empat orang. Di dalamnya, tidak ada setir kemudi maupun pedal gas.

Hits: 80