Bagaimana Mengendarai Sepeda Motor Di Kala Hujan ?

image-mobkom-Lampu Motor Harus Berfungsi Optimal Saat Musim Hujan

MobilKomersial.com – Bagaimana Mengendarai Sepeda Motor Di Kala Hujan ?Musim penghujan, seperti yang terjadi belakangan ini merupakan “musuh” bagi para pengendara motor. Selain tak bisa melanjutkan perjalanan saat hujan turun dengan derasnya, jalanan yang licin dapat kapan saja mencelakakan pengendara sepeda motor.

Jangan pakai jas hujan ponco

Jas hujan tipe ponco sangat rentan menyebabkan kecelakaan. Bentuknya yang melebar hingga ke bawah sangat rawan terselip ke jeruji ban, sehingga menyebabkan kecelakaan.

Hindari alas kaki yang licin

Saat berkendara, sangat tidak disarankan memakai alas kaki yang licin. Jika hujan turun, maka kaki tidak akan mantab berpijak pada pijakan sepeda motor, sehingga rentan terjadi kecelakaan. Ohiya, hindari juga penggunaan sandal saat berkendara sepeda motor yah, karena sandal sangat mudah terlepas.

Pastikan lampu berfungsi dengan baik

Lampu menjadi elemen penting dalam berkendara mengarungi derasnya hujan. Jika lampu mati, pengendara lain akan kesulitan menyadari keberadaan kita. Hal ini tentu membuat Komers rentan mengalami kecelakaan.

Biarkan Kaca Helm Sedikit Terbuka

Kaca helm yang tertutup rapat dapat menyebabkan munculnya embun, yang dapat mengganggu penglihatan. Embun ini muncul karena adanya perbedaan suhu di dalam dan di luar helm.

Kurangi Kecepatan

Permukaan jalan yang licin akan menyulitkan untuk melakukan pengereman mendadak. Tak sedikit orang terjatuh karena memaksakan diri berkendara dengan kecepatan tinggi. Lebih baik pelan asal selamat kan, Komers J

Jaga jarak dengan kendaraan lain

Selain mengurangi kecepatan, Komers sebaiknya juga menjaga jarak dengan kendaraan yang berada di depannya. Jika kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak, Komers tentu akan kesulitan menghentikan laju karena jalanan yang licin.

Hati-hati dengan genangan air!

Genangan biasanya muncul karena kondisi jalan yang rusak. Bila melihat genangan, sangat disarankan jangan langsung menerobosnya, karena Komers tidak tahu seberapa dalam genangan tersebut.

merawat-sepeda-motor-di-musim-hujan
Foto: istimewa