HINO RM 380 Cocok Untuk Bus Antar Kota Antar Propinsi

HINO RM 380 Cocok Untuk Bus Antar Kota Antar Propinsi

MobilKomersial.com –  HINO RM 380 Cocok Untuk Bus Antar Kota Antar Propinsi. Di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show 2017 ( GIIAS 2017 ), ada yang menarik saat mengunjungi booth HINO. Yap, PT. Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) menghadirkan Bus RM 380 premium milik PO Harapan Jaya.

Hino RM 380

Merupakan salah satu line-up big bus Hino yang menyematkan mesin diesel sebesar 12.913 cc yang dapat memuntahkan tenaga hingga 380 PS dan memiliki gross vehicle weight (GVW) sebesar 18 ton. Mesin yang digunakan adalah E13C-UT Common Rail dan merupakan bus dengan tenaga terbesar yang dipasarkan HINO di tanah air.

Bus ini menggunakan tipe sasis monokok atau space frame yang memberikan keuntungan tersendiri karena memiliki ruang bagasi yang lebih luas hingga bus ini sangat cocok untuk melakukan perjalanan jauh seperti Antar Kota Antar Propinsi (AKAP).

Pengereman Yang Mumpuni

Memiliki tenaga besar harus diimbangi dengan pengereman yang mumpuni. Untuk itu HINO menggunakan Air Suspension dimana pada seluruh sistem pengeremannya mengandalkan udara bertekanan untuk mendorong kampas rem. Udara dari kompresor akan disaring agar air yang terkandung didalamnya tidak ikut masuk dalam sistem rem. Akan tetapi, seandainya air sudah terlanjur masuk, masih dapat dibuang melalui drain valve yang terdapat di bagian bawah tangki. Bentuk batang pendorongnya seperti huruf “S” hingga banyak juga yang menyebut dengan “S-cam” . Sistem pengereman ini merupakan standar bawaannya dan tentunya sudah ABS.

Dengan menggunakan model tipe pengereman ini, diharapkan bus menjadi lebih aman dan tidak lagi terjadi kecelakaan yang diakibatkan karena rem blong.

Selain itu, guna menambah kenyamanan penumpang, bus HINO RM 380 dilengkapi dengan built-in air suspension didepan dan belakang dari generasi HINO RM Series yang juga jauh lebih nyaman jika dibandingkan dengan suspensi leaf spring.

Karoseri Laksana Ungaran

Bus HINO RM380 memiliki 59 tempat duduk dengan body terbaru dari karoseri Laksana Ungaran New Legacy SR 2XHD Prime dimana model ini hanya diaplikasikan pada bus-bus dengan total gross vehicle weight (GVW) 18 ton ke atas seperti Hino RM 380.

“Pemerintah saat ini sedang aktif membangun infrastruktur jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera. Untuk itu Hino Bus RM 380 mulai kami perkenalkan kepada publik. jika proyek jalan tol selesai dikerjakan, pengoperasian bus Hino RM 380 akan sangat menguntungkan pengusaha karena akan sangat efisien untuk moda transportasi antar kota di pulau jawa dan Sumatera,”    pungkas Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI

Tinggalkan Balasan