Menteri Perindustrian Resmi Membuka GIIAS 2017

Menteri Perindustrian Airlangga Hartaro saat berbicara dalam pembukaan GIIAS 2017

Menteri Perindustrian Resmi Membuka GIIAS 2017

Jakarta, MobilKomersial.com – Ajang otomotif kelas dunia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 resmi dibuka hari ini, 10 Agustus 2017 di Indonesia Convention and exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Banten. Acara pembukaan ini diresmikan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Turut juga dlaam peresmian Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi.

Dalam sambutannya, Menperin menegaskan bahwa kehadiran ajang otomotif bertaraf internasional seperti GIIAS, diharapkan menjadi ajang yang dapat mewakili gerak langkah Gaikindo dalam turut membangun dan mengembangkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

“Pemerintah saat ini sudah mengembangkan teknologi kendaraan Low Cost Green Car (LCGC). Nantinya, tak lama lagi Pemrintah akan mengembangkan teknologi kendaraan elektrik atau Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) termasuk kendaraan hybrid,” ucap Arilangga dalam paparannya di Opening Ceremony GIIAS 2017.

Arilangga menjelaskan lebih lanjut mengenai strategi Pemerintah Indonesia melalui kementerian perindustrian yang akan menyusun kebijakan untuk menyempurnakan kebijakan harmonisasi PPnBN, memasuki insentif. “Agar Low Cost Vehicle ini mendapat insentif lebih dibanding konvensiona, Kami dan Gaikindo menargetkan 400.000 kendaraan ramah emisi pada tahun 2025,” ungkapnya.

Sementara di waktu yang sama, Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi, menerangkan bahwa tema “Rise of the Future Mobility” dipilih karena Gaikindo ingin menunjukkan betapa pesatnya perkembangan yang terjadi pada industri otomotif global.

“Perubahan-perubahan inilah yang ingin kami tunjukkan pada gelaran GIIAS 2017, tujuannya adalah untuk mengajak para pelaku industri serta masyarakat untuk mulai beradaptasi dan menyiapkan diri untuk globalisasi yang terjadi di dunia otomotif,” Jelasnya.

Gelaran pameran GAIKINDO yang ke-25 ini akan didukung secara penuh oleh 30 merek mobil anggota Gaikindo, yang terdiri dari 22 merek kendaraan penumpang yakni; Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Tata Motors, Toyota, Volvo, VW, dan Wuling, serta 8 merek kendaraan niaga yaitu DFSK, FAW, Hino, Hyundai Bus & Truck, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, dan UD Truck.

Pada ajang GIIAS 2017, selain dukungan yang telah diberikan oleh 30 peserta APM, tahun ini GIIAS 2017 kembali didukung oleh Pertamina dan Bank Mandiri sebagai sponsor. Beberapa acara yang mendukung kegiatan peserta dan memang telah menjadi favorit para pengunjung akan kembali diselenggarakan seperti Test Drive dan Test Ride. Selain itu juga akan diselenggarakan Gaikindo International Automotive Conference yang ke-1.

Sementara dari sisi sosial, pihak penyelenggara akan menghadirkan Blood Donation, Student’s Day serta CSR Pavilion. Khusus program sosial, GIIAS 2017 tetap berkomitmen menyelenggarakan program GIIAS Educare, Teaching and Giving. Dan tahun ini untuk pertama kalinya GIIAS menyelenggarakan GIIAS Goes to Campus (GGTC) sebuah acara yang ditujukan untuk memberikan wawasan lebih terhadap para mahasiswa, generasi penerus bangsa.

Untuk merayakan Hari Kemerdekaan di tanggal 17 Agustus 2017, GIIAS 2017 telah menyiapkan sejumlah rangkaian acara seru-seruan 17an seperti Setruk – kegiatan menarik truk yang disponsori oleh Hino dan Mitsubishi Fuso, Sabi 2 – kegiatan untuk berlomba-lomba mengisi mobil dengan jumlah orang terbanyak dan Motobola.

Yang terbaru adalah program GIIAS 2017 Business Matching, program yang akan berlangsung pada 14, 15, 16 Agustus 2017 ini, akan memfasilitasi pertemuan antara peserta APM commercial vehicle dengan asosiasi pengguna commercial vehicle. Hadirnya program-program menarik yang telah disiapkan oleh pihak penyelenggara, Romi berharap GIIAS 2017 dapat menjadi sebuah pameran otomotif terbaik.

 

Tinggalkan Balasan