Mobkom-Image-Navistar-Tawarkan-Varian-DuraStar-Terbaru

Tips Merawat Mesin Truk

Jakarta, MobilKomersial.com – Truk biasanya digunakan untuk menunjang jantung ekonomi bangsa. Tak ayal, kendaraan komersial ini selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan perekonomian.

Berkat perannya yang sangat sentral tersebut, anda khususnya para pemeran yang terlibat harus sangat menjaga truk-truk tersebut. Salah satunya dengan merawat. Merawat bagian mesin agar tak “cengeng” perlu anda ketahui.

Berikut MobilKomersial berikan tips menjaga mesin truk agar tetap nyaman saat dikendarai.

Hal dasar adalah ketika pertama menyalakan truk, jangan langsung menjalankannya. Anda harus memanaskan mesin terlebih dahulu, sekitar 5 hingga 10 menit.

Tangki juga sangat disarankan jangan sampai kosong. Tangki bahan bakar setidaknya harus selalu terisi satu per tiga bagian. Hal ini penting karena jika kehabisan solar, anda harus memompa injeksi pump, karena sifat solar tidak menguap.

Selanjutnya filter udara tak kalah penting. Filter udara paling tidak harus dibersiahkan minimal setiap 20 kilometer. Karena debu yang masuk ke ruang mesin mempercepat keausan pada ruang bakar, karena debu akan menjadi bahan pengasah antara selinder dengan ring pistin.

Selain filter udara, filter solar juga harus diperhatikan kebersihannya. Karena jika rusak harus segera diganti (trucking parts).

Terakhir, rawatlah sesering mungkin bagian baterai (Accu), kabel-kabel dan busi (engine truck part). Meski mesin disel bisa dihidupkan tanpa ketiga bagian ini, yakni dengan cara ditarik dengan kendaraan lain, jadi terasa aneh jika anda selalu melakukan hal tersebut setiap ingin menjalankan truk anda.

1 thought on “Tips Merawat Mesin Truk

Tinggalkan Balasan