Ban Motor Apa yang Cocok di Musim Hujan?

merawat-sepeda-motor-di-musim-hujan

merawat-sepeda-motor-di-musim-hujanBan Motor Apa yang Cocok di Musim Hujan?

Jakarta, MobilKomersial.com – Saat ini Indonesia, khususnya di daerah Jabodetabek sudah memasuki musim penghujan. Hujan disertai angin kencang serta banjir sudah menjadi hal lumrah di Ibu Kota.

Tentunya bagi anda pengendara sepeda motor memilih ban yang cocok saat musim hujan ialah sebuah hal penting, mengingat licinnya jalan yang dapat kapan saja membuat anda tergelincir. Hal terbanyak dari permasalahan ini ialah ban yang licin.

Lalu ban seperti apa yang cocok untuk berkendara di jalan yang basah. Tentunya ban basah adalah yang paling cocok untuk dipakai di musim hujan, karena daya cengkramannya yang sangat maksimal.

Tipe ban kembang sejajar atau garis-garis pada ban akan sangat berpengaruh pada keseimbangan kendaraan. Kembang dengan tipe direksional adalah yang paling tepat digunakan. Ban yang baik mempunyai pola bergaris dengan jarak yang tidak terlalu renggang, dan tidak terlalu jarang. Pola bergaris tersebut berguna memecah air saat jalanan basah, tentunya daya cengkram lebih optimal.

Selain itu, jangan mengganti ban anda dengan ukuran yang lebih kecil, seperti yang sedang tren di kalangan anak muda. Karena ban dengan ukuran kecil dapat sangat beresiko, pada jalan kering saja sangat rawan tergelincir, apalagi jika jalanan basah. Oleh karena itu, lebih baik memilih ban standar bawaan pabrik.

Tekanan angin ternyata juga mempengaruhi ban. Pastikan tekanan angin ban anda sudah sesuai dengan ukuran yang ditetapkan oleh pabrikan. Bila angin terlalu banyak, maka titik tumpu ban hanya berada di tengah-tengah telapak ban, begitu juga sebaliknya. Kondisi itu menyebabkan ban cepat haus.

Jadi persiapkan motor anda untuk menghindari dari hal-hal yang tak diinginkan. Tapi yang lebih penting dari itu semua ialah keselamatan anda sendiri.