Survei Membuktikan, Amerika Serikat Kekurangan 50.000 Sopir

Survei Membuktikan, Amerika Serikat Kekurangan 50.000 Sopir

MobilKomersial.com –  Survei Membuktikan, Amerika Serikat Kekurangan 50.000 Sopir. Sebuah survei yang diselenggarakan Institut Riset Transportasi Amerika mendapati temuan mengejutkan, industri jasa transportasi di Amerika Serikat saat ini menghadapi kelangkaan pasokan sopir truk.

Riset tahunan yang dirilis American Transportation Research Institute (ATRI) ini menyebutkan, para pelaku dunia transportasi di AS sulit mendapatkan pengemudi truk berkualifikasi untuk mengemudikan truk lintas negara bagian di negara itu.
Riset ini dirilis ATRI Senin (23/10/2017) lalu tepat di hari kedua penyelenggaraan sebuah acara konferensi dan pameran yang diselenggarakan American Trucking Association (ATA) di Orlando, Florida, AS.

Pasokan Sopir

Dalam rilis hasil riset yang dipublikasikan sehari sebelumnya di acara yang sama, ATRI menyebutkan, kekurangan pasokan sopir truk diperkirakan mencapai 50.000 orang sampai akhir tahun 2017 ini. Jika kondisi ini terus berlanjut, maka tren kekurangan pasokan sopir truk berkualifikasi akan membengkak menjadi 174.000 di tahun 2026 mendatang.
“Selain fakta kurangnya pasokan pengemudi, perusahaan-perusahaan angkutan juga merasakan hal yang sama yang menyebabkan berkurangnya jumlah armada yang beroperasi,” ungkap Bob Costello, ekonom kepala di ATA. Kelangkaan pasokan pengemudi truk ini sudah dirasakan pengusaha angkutan sejak tahun 2006.

Sopir Berlisensi

ATRI dalam risetnya merekomendasikan kepada pengusaha angkutan agar bekerja sama dengan pemerintah untuk mengembangkan sistem pendidikan pengemudi berlisensi untuk menarik minat para calon pengemudi muda menekuni profesi sebagai pengemudi truk. Kegiatan ini juga disarankan menggandeng Kementerian Tenaga Kerja untuk menggelar program rekrutmen pengemudi-pengemudi muda.

“Kemampuan mengidentifikasi partner yang tepat dan penerapan strategi yang efektif akan membantu mengatasi keluhan kelangkaan pengemudi truk yang dihadapi kalangan industri,” kata Chris Spear, Chief Executive ATA.

Survei Membuktikan, Amerika Serikat Kekurangan 50.000 Sopir
North Dakota, USA — Truck Driver in Semi Truck — Image by © Ron Chapple/Corbis

Penulis : Ariffandi

Tinggalkan Balasan