Bus Listrik Mercedes-Benz Citaro Mulai Dipasarkan Akhir Tahun Depan

Bus Listrik Mercedes-Benz Citaro Mulai Dipasarkan Akhir Tahun Depan

Bus Listrik Mercedes-Benz Citaro Mulai Dipasarkan Akhir Tahun Depan

Beberapa waktu lalu Mercedes-Benz dikabarkan akan memproduksi bus kota Citaro versi listrik sebagai alternatif pilihan bus yang lebih ramah lingkungan dari bus Citaro yang saat ini menggunakan mesin diesel konvensional.

Bus listrik Citaro

Kabar terbaru, pabrikan Jerman ini akan mulai memasarkan bus listrik Citaro sekitar akhir tahun depan seiring dengan dimulainya produksi massal bus Citaro listrik di akhir 2018.
Bus listrik Citaro ini menggunakan platform bus kota Citaro bermesin diesel konvensional yang sudah sukses dipasarkan di berbagai negara dan kini populasinya mencapai 50.000 unit.
Di luar rencana produksi massal bus listrik Citaro ini, Mercedes-Benz sedang melakukan eksperimen teknologi hybrid di bus Citaro G BlueTec Hybrid. Nantinya, bus listrik Citaro yang akan mulai diproduksi akhir tahun depan akan mengadopsi teknologi Hybrid pada hub motor yang akan dipasang di roda belakang.

Sumber tenaga

Sementara, sebagai sumber tenaga penggeraknya, Mercedes-Benz mengandalkan dari modul baterai lithium-ion. Bus yang diproduksi nanti bisa dikustomisasi, misalnya, untuk kebutuhan jarak tempuh berapa kilometer yang diingini pada setiap rutenya.
Teknologi ini kini sedang dalam pengembangan di Mercedes-Benz melalui serangkaian trial dan pengujian. Prototipenya saat ini sedang menjalani uji di kondisi medan bersuhu dingin yang ekstrem di Arctic Circle dan di kondisi cuaca panas di Sierra Nevada, di Spanyol.
“Bus listrik Citaro yang akan kami produksi nanti tidak mengeluarkan emisi gas buang dan sangat senyap saat dioperasikan. Para insinyur kami terus melakukan pengetesan dan pengujian dengan beragam kondisi cuaca,” kata Hartmut Schick, Kepala di Daimler Buses.

1 thought on “Bus Listrik Mercedes-Benz Citaro Mulai Dipasarkan Akhir Tahun Depan

Tinggalkan Balasan