Perum Damri “Reborn” Dua Unit Bus Kota Legendarisnya

Damri reborn bus legendarisnya

Perum Damri “Reborn” Dua Unit Bus Kota Legendarisnya

Bandung, MobilKomersial.com – Setelah tak beroperasi lagi di tahun 2015, Perusahaan Umum Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau biasa disingkat Damri kembali merakit ulang bus fenomenalnya. Sebanyak dua unit bus bersasis Mercedes Benz OF 1113 yang akan diperbarui. Bus yang mulai beroperasi pada tahun 1988 ini menjadi transportasi umum andalan bagi masyarakat di Tanah Air pada masanya.

“Pada zamannya, ini dulu bus yang paling keren dan salah satu yang paling tangguh di kelasnya,” ujar Manajer Teknik Perum Damri Bandung Arief Effendi di Depo Bengkel Damri Bandung, Selasa (28/11/2017).

Kapasitas 48 Penumpang

Arief menuturkan bus tersebut mempunyai kapasitas duduk 48 orang, tapi bus tersebut bisa menampung tiga kali lipatnya hingga sekitar 120 orang. Meskipun para penumpang berjubal berdesak-desakan, Ia mengatakan hal itu terjadi lantaran bus Damri tersebut menjadi satu-satunya angkutan dalam kota dengan trayek yang panjang dengan harga yang terjangkau masyarakat.

Damri reborn bus legendarisnya
Penampakan bus legendaris Damri (Foto: Tri Ispranoto)

Pada zamannya terdapat sekitar 40 unit bus yang disebar untuk semua trayek. Namun karena tidak digunakan sejak 2015 silam, bus ini di’ringsek’kan menjadi besi tua. Bus legendaris yang punya kenangan tersendiri bagi warga Bandung, telah melayani warga Bandung lebih dari dua dekade hingga akhirnya harus pensiun digantikan dengan bus baru yang lebih nyaman dengan AC.

“Sisa dua ini, yang sekarang sedang direkondisi,” kata Arief.

Arief menambahkan, ide untuk merekondisi bus tersebut terjadi pada April 2017 lalu, dimana dua unit yang tersisa dipinjam oleh TNI AU untuk kebutuhan simulasi penanggulangan terorisme. Selain itu, ide merekondisi juga muncul lantaran dalam rangka HUT Damri ke 71 yang jatuh pada 26 November 2017 kemarin.

“Hanya Damri Bandung yang bisa menghadirkan kembali bus legendaris dalam versi orisinal,” ungkapnya.

Adapun dana yang diperlukan untuk memperbarui bus legendaris ini, Perum Damri harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 14 juta/unit. Dari penegrjaan selama dua minggu, hasilnmya tampak bus seperti baru dengan warna khas Damri, Putih bergaris biru.

Rencananya bus yang dikenal oleh warga Bandung dengan sebutan “Goyobod” ini telah diuji coba pada Minggu (26/11) di kawasan Alun – Alun Kota Bandung.

 

Tinggalkan Balasan