Perusahaan Operator Kereta Api Operasikan Bus Autonom Pertama di Jerman

Perusahaan Operator Kereta Api Operasikan Bus Autonom Pertama di Jerman

Perusahaan Operator Kereta Api Operasikan Bus Autonom Pertama di Jerman

Jakarta, MobilKomersial.com – Bus tanpa sopir alias autonom resmi beroperasi di Bad Birnach, Jerman Rabu (25/10). Perusahaan operator kereta api Jerman Deutsche Bahn yang mewujudkannya. Bus Ini menjadi yang pertama kalinya dioperasikan di Jerman sebagai transportasi umum.

Bus berukuran kecil ini diberi nama EZ10. Bus yang menempuh rute selama delapan menit, dari wisata air panas menuju pusat kota dan stasiun kereta, memiliki enam tempat duduk dan mampu menampung enam orang untuk berdiri.

Kepala operator kereta api nasional Deutsche Bahn (DB) Richard Lutz saat mencoba bus mungil itu mengungkapkan, “kendaraan ini benar-benar dikemudikan secara otomatis, ini masuk pada era baru transportasi,” kata Lutz seeprti dilansir laman Deutsche Welle.

Dalam pengembangannya, bus ini dikerjakan oleh perusahaan start-up Prancis, EasyMile. Bus ini dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi rintangan dan mengaktifkan rem. Kendaraan bergerak sepanjang rute yang telah diprogram dengan kecepatan 15 km/jam hingga batas maksimum 30 km/jam.

Namun jika terjadi keadaan darurat, bus ini bisa dikendalikan manual menggunakan joystick seperti mobil salah parkir di rute.

Dengan hadirnya bus tanpa sopir ini, perusahaan Deutsche Bahn berharap agar bus serupa akan segera beroperasi yang bisa melayani warga menuju halte maupun stasiun terdekat.

1 thought on “Perusahaan Operator Kereta Api Operasikan Bus Autonom Pertama di Jerman

Tinggalkan Balasan