Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan Anda

mobkom-image-nissan-gratiskan-dua-tahun-pengisian-bahan-bakar-listrik

Tips Menghemat Bahan Bakar Kendaraan Anda

Jakarta, MobilKomersial.com – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi mengharuskan kita untuk dapat mengefisiensikan bahan bakar kendaraan kita.

Selain dapat membuat bahan bakar menjadi lebih efisien, langkah ini juga dapat menurunkan sedikit emisi gas buang. Berikut beberapa tips sederhana dan singkat dalam menghemat konsumsi BBM.

Ketika hendak melaju, anda disarankan menginjak pedal gas secara perlahan. Apabila anda menginjak gas dengan keras, maka konsumsi BBM akan lebih tinggi. Hal itu karena semakin besar bukaan gas, semakin besar pula gelontoran bahan bakar yang masuk ke karburator.

mobkom-image-nissan-gratiskan-dua-tahun-pengisian-bahan-bakar-listrik
Foto: istimewa

Selain itu, jika anda terjebak dalam kondisi macet yang benar-benar membuat mobil tak berjalan, sebaiknya matikan mesin anda, lalu jaga selalu intensitas rem.

Hindari gaya mengemudi secara stop and go secara berulang-ulang. Mengemudi dengan cara stop and go merupakan mengemudi dengan terlalu sering menginjak rem dan gas. Hal ini menjadi salah satu penyebab borosnya penggunaan bahan bakar.

Kontrol kecepatan laju kendaraan anda. Kecepatan yang cukup baik dan efektif dalam menghemat BBM adalah dengan melaju di bawah kecepatan 100 kilometer per jam. Cara ini diyakini dapat menekan konsumsi BBM sebanyak 25 persen.

Hal terpenting ialah pastikan tekanan ban dalam kondisi prima, sebab bila tidak, maka gesekan antara permukaan ban dan jalan semakin besar sehingga kinerja mesin terbebani.

Tinggalkan Balasan