Bus Medium Dilengkapi AC untuk Anjing Pengendus K9 BNN

Bus Medium Dilengkapi AC untuk Anjing Pengendus K9 BNN

MobilKomersial.com – Peredaran narkoba di tanah air kian marak. Badan Narkotika Nasional atau disingkat dengan BBN turut dibekali dengan peranti pendukung dalam menjalankan tugasnya. Salah satunya adalah dengan disediakannya anjing pelacak K9.

Dengan anjing pelacak K9 ini semakin memudahkan tugas BNN dalam mengendus keberadaan berbagai jenis narkoba. Anjing pelacak milik Polri yang ditugaskan di BNN tersebut khusus didatangkan dari Belanda dan telah berada di BNN sekitar 9 ekor anjing.

Anjing Bule

Dikarenakan anjing-anjing tersebut berasal dari negeri Belanda yang memiliki suhu yang berbeda dengan di Indonesia, Pihak BNN telah menyiapkan salah satu alat transportasi khusus untuk mengangkut anjing-anjing tersebut ke lokasi yang akan dituju. Salah satunya adalah sebuah bus berukuran medium yang pada kabinnya telah dikaroseri secara khusus sebagai kandang mobile. Tidak hanya dengan kandang khusus saja, bus ukuran medium ini juga dilengkapi dengan dua unit AC split dengan kompresor yang ditempatkan di belakang agar suhu tetap dingin layaknya suhu di negara Belanda.

Kabin dalam bus ini sengaja dirancang ganda, Dimana pada kabin bagian depan dan tengah dirancang sedemikian rupa layaknya kabin biasa bus-bus ber-AC yang pada umumnya dilengkapi dengan jok untuk tempat duduk petugas BNN.

Suhu Terjaga

Dengan suhu tempat tinggal yang tetap terjaga serta dilengkapi dengan nutrisi yang terbaik tentu membuat anjing-anjing K9 yang didatangkan dari negeri kincir angin tersebut selalu dalam keadaan sehat yang membuat bulu-bulu pada anjing tersebut terlihat halus dan tebal.

Operasi Narkoba

Doni TH selaku Komandan K9 Direktorat Penindakan dan Pengejaran BNN mengatakan, hampir setiap minggu pihaknya melakukan operasi narkoba dengan melibatkan anjing-anjing pelacak tersebut. Sementara itu ditempat yang terpisah Ahmad Fatoni selaku Kasubdit ULP Interdiksi BNN mengatakan, K9 bekerja tidak hanya mendeteksi potensi kiriman narkoba yang memanfaatkan jasa perusahaan pengiriman ekspres dan logistik.

Dengan keberadaan tempat tinggal anjing K9 yang tetap terjaga suhunya, diharapkan anjing-anjing K9 tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar, hingga peredaran narkoba di tanah air dapat di cegah.

Bus Medium Dilengkapi AC untuk Anjing Pengendus K9 BNNBus Medium Dilengkapi AC untuk Anjing Pengendus K9 BNN
Bus Medium Dilengkapi AC untuk Anjing Pengendus K9 BNN

 

Tinggalkan Balasan