Hari Ini Kota Surabaya Uji Coba Operasikan Bus low Floor Suroboyo Bus

Hari Ini Kota Surabaya Uji Coba Operasikan Bus low Floor Suroboyo Bus

Kota Surabaya Uji Coba Operasikan Bus low Floor Suroboyo Bus

MobilKomersial.com – Terhitung mulai kemarin, Kota Surabaya memiliki moda angkutan massal baru berbasis bus jalan raya yang diberi nama Suroboyo Bus. Suroboyo Bus merupakan bus kota milik Pemerintah Kota Surabaya, berukuran besar dengan lantai rendah yang siap mengantarkan warga Surabaya bepergian. Bus bercat merah ini hari ini, Jumat (29/12/2017) diuji coba langsung oleh Tri Rismaharini, Walikota Surabaya.

Tri Rismaharini menaiki bus ini dari Balai Kota Surabaya dengan rute menuju Jembatan Suroboyo, Kenjeran. Bus ini didesain unik dengan atap kabin bagian depan yang menyembul ke atas layaknya bus-bus kota di sejumlah kota besar di Eropa.

Agar penumpang nyaman, kabin bus dilengkapi dengan penyejuk udara (AC), penerangan malam hari, papan informasi untuk penumpang berbasis LED serta kamera CCTV di 12 titik di bagian kabin dan eksterior bus, termasuk di bagian depan dan belakang bus. Bus ini juga dirancang ramah terhadap difabel dan lansia karena di kabinnya disediakan tempat duduk khusus untuk mereka. Juga untuk ibu hamil. Sebagaimana armada Transjakarta di DKI, Suroboyo Bus juga memisahkan kabin untuk penumpang wanita dan laki-laki. Kabin depan khusus diperuntukkan penumpang wanita.

Menurut Walikota Tri Rismaharani, hadirnya Suroboyo Bus merupakan upaya Pemerintah Kota Surabaya merevitalisasi angkutan kota. Bus-bus kota yang beroperasi di Kota Surabaya saat ini tercatat merupakan bus-bus tua. Sebagian dioperasikan oleh Damri dan sebagian oleh operator swasta.

“Bus ini kita hadirkan untuk modernisasi angkutan. Nantinya bus ini berjumlah delapan unit difungsikan untuk angkutan umum ramah difabel dan lansia,” ungkapnya. Setiap bus mampu membawa 67 penumpang sekaligus termasuk penumpang berdiri.

 

Penulis : Ariffandi

Hits: 230

Tinggalkan Balasan