Mengapa Indonesia Menggunakan Kemudi Di Sebelah Kanan

Mengapa Indonesia Menggunakan Kemudi Di Sebelah Kanan

MobilKomersial.com – Mengapa Indonesia Menggunakan Kemudi Di Sebelah Kanan. Posisi setir kemudi mobil terkadang berbebda di setiap negara. Sistem right-driving countries dan left driving countries pada penerapannya pun berbeda-beda. Indonesia, Malaysia dan Singapura menganut sistem right-driving countries atau posisi setir mobil di sebelah kanan. Sedangkan Amerka Serikat dan Korea Selatan menerapkan sistem left driving countries atau posisi setir di sebelah kiri.

Negara Yang Menggunakan Stir Kiri

Negara yang memakai sistem kendaraan left driving bisa dikatakan minoritas karena jumlahnya lebih sedikit yaitu 75 negara saja. Sedangkan yang menganut sistem right driving ada 125 negara.

Indonesia memilih untuk menganut konsep left driving karena berdasarkan sejarah Indonesia pada masa lalunya.

Saat Inggris mengambil alih jajahan Belanda dan diduduki oleh Thomas Stamford Rafles pada tahun 1811, dia banyak melakukan banyak hal, seperti menghentikan perdagangan budak dan meneliti peninggalan-peninggalan Indonesia. Mengapa Indonesia Menggunakan Kemudi Di Sebelah KananMengapa Indonesia Menggunakan Kemudi Di Sebelah Kanan

Salah satu kebijakannya yang belum banyak diketahui orang adalah mengubah sistem mengemudi di Hindia Belanda dari sebelah kanan menjadi sebelah kiri. Saat Jepang menduduki Indonesia, negara tersebut juga memperkuat dengan sistem ini agar sama dengan negaranya.