Pakai Mobil Matik saat Banjir, Perhatikan Ini….

terpaksa melintasi banjir

Jakarta, MobilKomersial.com – Jakarta tidak pernah sepi dari banjir ketika musim penghujan tiba. Jalan raya yang menjadi “nadi” pergerakan ekonomi ibu kota ini, selalu tergenang air karena berbagai kekurangan mulai dari persoalan sampah sampai sistem drainase yang buruk.

Kendaraan di Jakarta sangat rawan ketika memasuki musim penghujan karena tingginya genangan air, motor jadi kendaraan paling rawan macet karena menerobos banjir. Namun ini tidak berarti mobil dapat melenggan bebas dari banjir tanpa mengalami macet pada mesin.

Kebanyakan mobil yang macet adalah sedan karena memiliki kap rendah yang bisa kemasukan air ketika melintasi genangan yancukup tinggi. Apalagi pada mobil yang bertransmisi otomatis atau mobil matik.

Berikut tips bagi mobil matik ketika melintasi genangan air akibat banjir.

 

  1. Perhitungkan ketinggian air bila ingin melintas apakah bisa mengenai mesin atai tidak. Jika tidak, sebaiknya cari alternative lain dengan mengindahkan arahan petugas.

  2. Bila terpaksa mesti melewati area riskan banjir, posisikan tuas transmisi matic pada ” posisi L “.

  3. Bila mesin kendaraan tiba-tiba mati, janganlah sekali-kali berusaha untuk menghidupkan mesin., ditengah genangan. Hal itu akan memperparah kondisi mobil.

  4. Sesudah Anda telah ada ditempat yang aman, maka buka kap mesin serta keringkan bagian-bagian mesin dan kelistrikan.

  5. Kemudian, cobalah starter kembali mobil Anda dua hingga tiga kali. Namun bila mesin mobil terus tidak ingin hidup juga, cabutlah kabel busi serta cermati area di seputar busi. Di kuatirkan, kabel busi atau businya terkena air. Bila terkena air, bukalah tutup distributor, lalu keringkan serta gunakan kembali seperti awal.

  6. Cobalah Anda hidupkan kembali mesin mobil. Bila telah menyala serta dapat jalan kembali, cobalah cek pengereman dengan menggentonya beberapa kali sehingga komponen pada mobil berperan kembali.

  7. Paling akhir, sesudah kendaraan Anda telah dapat hidup, baiknya bawa ke bengkel resmi untuk di check semua sisi yang terkena banjir, termasuk pergantian oli transmisi matic .

2 thoughts on “Pakai Mobil Matik saat Banjir, Perhatikan Ini….

Leave a Reply

Your email address will not be published.