Dinas PUPKP Yogyakarta Sediakan 2 Unit Bus Toilet untuk Tempat Wisata

bus toilet

Dinas PUPKP Yogyakarta Sediakan 2 Unit Bus Toilet untuk Tempat Wisata

Yogyakarta, MobilKomersial.com – Berwisata ke Yogyakarta, kini tak perlu khawatir lagi mencari kamar kecil. Pasalnya, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta kini menyediakan bus toilet. Sebanyak dua bus toilet seharga Rp 1,3 miliar disediakan sebagai pengganti bus lama yang berwarna kuning dan sudah tidak layak.

Kepala Dinas PUPKP Kota Yogya, Agus Tri Haryono mengatakan, bus toilet berwarna hijau ini sudah mulai dioperasionalkan sejak malam pergantian tahun lalu.

“Datangnya Desember awal kemarin datang terus sudah dipakai di tempat ramai. Dua bus tersebut ditempatkan di kawasan Tugu dan Titik Nol Kilometer Yogya,” kata Agus, seperti dikutip liputan6.com, Selasa (9/1/2018).

Menurut Agus, khusus dua bus toilet yang disediakan itu masih dalam proses penentuan tarif sewanya, namun sementara bus toilet digunakan tanpa biaya khusus untuk pelayanan dari pemerintah. Dengan begitu, penggunaan bus toilet ini juga tidak sembarangan.

Agus mengatakan sebenarnya mobil toilet sudah ada tarif sewanya dalam perda sekitar Rp 2,1 juta untuk 24 jam dalam kota dan Rp 3 juta untuk luar kota selama 24 jam.

Fasilitas Lengkap

Adapun mengenai fasilitas yang tersedia dalam bus toilet ini bisa dibilang memiliki fasilitas yang mewah. Dalam kabin tersedia dua bilik toilet, dimana tiap bilik ada dua toilet, yakni toilet duduk dan urinoir atau khusus untuk buang air kecil. Bilik tersebut juga dilengkapi dengan pendingin atau AC. Sementara pada luar bilik, tepatnya bagian tengah, sudah tersedua dua buah wastafel dan alat pengering tangan.

Sebagai informasi, saat ini Dinas PUPKP Kota Yogya memiliki total tiga unit toilet portabel, dua bus toilet, dan satu truk toilet. Toilet portabel tersebut menggantikan tiga toilet portabel lama yang dinilai sudah melebihi usia teknis penggunaan.

Tinggalkan Balasan