Dishub Kota Bogor Akan Sediakan Jalur Khusus Bus

Bus Transpakuan Bogor

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bogor, Theofilio Patrocinio Freitas rencananya akan membuat jalur khusus bus sebagai rencana rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk konversi angkutan umum (angkot) ke bus. Jalur yang akan dibuat khusus bus berukuran sedang ini direncanakan akan memanfaatkan rute yang biasa dilalui bus Transpakuan.

“Intinya, demi memudahkan dan melancarkan layanan angkutan umum masal yang bebas hambatan,” ujar Theofilio dikutip dari Republika.co.id, Jumat (19/1).

Nantinya, kata Theo, jalur khusus bus ini akan dibuat mirip dengan jalur busway Transjakarta. Lintasan bus akan di beri tanda warna merah sebagai pembeda antara lajur untuk bus sedang dan Transpakuan dengan lajur kendaraan pada umumnya.

“Yang beda adalah tidak dibuat pembatas atau median permanen untuk jalur bus ini. Sifatnya fleksibel, kami hanya akan menerapkan marka atau garis putih putus-putus,” ucap Theo.

Theo menambahkan, sampai saat ini pembuatan jalur “karpet merah” masih belum bisa terlaksana. Alasannya, dana yang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 belum ditetapkan. Setelah anggaran APBD sudah ditetapkan secara rinci, pihaknya baru bisa bicara terkait teknis.

“Jumlahnya berapa, ditempatkan di mana saja, itu semua baru bisa direncanakan dan diaplikasikan setelah selesai penetapan anggaran,” tuturnya.

Meskipun begitu, pihak Dishub Kota Bogor tetap melakukan sosialisasi ke staf-sataf maupun pihak terkait mengenai rencana pembuatan jalur khusus bus tersebut. Kebijakan karpet merah ini diharapkan Theo dapat menjadi solusi transportasi di Kota Bogor dengan tidak hanya dari segi kondisi kendaraannya, namun juga ditunjang jalur khusus yang angkutan umum yang terpadu.

Tinggalkan Balasan