Dukung OK OTRIP, Organda Kenalkan Mikro Trans ke Wagub Sandiaga Uno

Wagub Sandi Sambut Mikro Trans dari Organda DKI

Jakarta, MobilKomersial.com – Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta mengusulkan minibus berukuran kecil, Mikro Trans kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebagai program One Karcis One Trip (OK OTRIP). Sandi menyebut, bahwa Mikro Trans merupakan inovasi Organda untuk mendukung program OK OTRIP yang mengutamakan menggandeng para pengusaha bus kecil.

“Ini ada inovasinya, Koperasi Kolamas punya konsep bus kecil yang tempat duduknya menghadap ke depan dan ber-AC. Sehingga tidak lagi memberi rasa tidak aman terhadap perempuan yang pakai rok atau berhimpit-himpitan,” ujar Sandiaga menanggapi hadirnya Mikro Trans di Balai Kota, Selasa (30/1/2018).

Menurut Sandi, pertemuan dengan Organda DKI membahas beberapa kebijakan seputar transportasi dan angkutan di jalan raya. Organda menyiapkan 10 mobil yang siap bergabung dengan OK Otrip. Tapi mobil ini masih akan diuji coba sebelum dipoerasikan.

“Karena ini sudah layak (kursi) menghadap ke depan dan ber-AC dan mudah-mudahan 10 unit yang diluncurkan akan gabung OK Otrip,” tambah Sandi.

Namun, kata Sandi, 10 unit Mikro Trans ini belum dapat ditentukan rutenya, karena masih dalam tahap uji coba. Untuk penentuan rute, pihaknya menyerahkan semuanya kepada Dinas Perhubungan (Dishub) dan Organda DKI untuk duduk bersama mencari rute bagi minibus berkapasiatas 4-6 orang ini.

Tarif belum ditentukan

Sementara itu Dewan Pimpinan Unit Organda Angkutan Lingkungan DKI Petrus Tukimin menjelaskan pihaknya masih melakukan kajian penentuan besaran tarif bus kecil yang terintegrasi program OK Otrip itu.

Alasannya, menurut Petrus karena ada rute pendek, sedang, serta panjang. Jadi pihaknya bersama Dishub akan mengkaji besaran tarif per kilometer.

“Kita mau membuat rupiah per kilometernya, ini satu harga. Untuk itu, perlu dikaji lagi supaya jangan sampai pemilik pengusaha anggota kita keberatan dengan biaya yang ditetapkan OK Otrip. Jangan sampai banyak yang keberatan dengan OK Otrip,” kata Petrus.

Tinggalkan Balasan