Kemenhub Berlakukan Maksimal Usia Bus Angkutan

Pemudik dari Kalimantan Disiapkan Bus Gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Libur Natal, Kemenhub Sediakan 50 Bus Gratis ke Jogja, Maraknya Kendaraan Pribadi Membuat Anjlok Bisnis Bus Pariwisata

Jakarta, MobilKomersial.com – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi memberlakukan pembatasan usia kendaraan angkutan umum. Peraturan itu ditujukan bagi bus pariwisata dan angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Untuk angkutan pariwisata usia kendaraan maksimal 10 tahun dan angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) serta angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) paling lama 25 tahun.

“Tujuan dibuatnya pembatasan usia seperti bus pariwisata atau tidak dalam trayek ini untuk keselamatan transportasi dan peningkatan pelayanan kepada para wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemhub Budi Setiyadi, Selasa (9/1).

Budi menerangkan, bahwa angkutan bus pariwisata yang sudah memasuki batas usia 10 tahun, diremajakan kembali dengan unit bus baru. “Bus yang sudah usia 10 tahun, pemiliknya dapat memanfaatkan bus tersebut untuk dijadikan angkutan karyawan, AKAP, ataupun AKDP,” kata Budi.

Disisi lain, kata Budi, sebenarnya pihak Organisasi Angkutan Darat (Organda) menganjurkan agar batas usia angkutan pariwisata lebih lama menjadi 15 tahun. Akan tetapi, usulan tersebut belum diputuskan dan masih dalam pertimbangan.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Pitra Setiawan menyampaikan, kemungkikan adanya revisi aturan soal batas usia angkutan pariwisata sebagaimana yang diusulkan Organda. “Sepertinya iya (ada revisi). Soalnya tadi ada rapatnya bahas usulan tersebut,” ujar Pitra seperti dikutip dari beritasatu.com, Selasa (9/1).

Namun dia menekankan, hingga saat ini, belum ada perubahan mengenai tenggat waktu bagi operator untuk menjalankan aturan batas usia kendaraan pariwisata, AKAP, dan AKDP. “Kalau deadline-nya masih tetap selama belum ada aturan baru,” terang Pitra.

 

Tinggalkan Balasan