Pemkot Surabaya Tambah 10 Unit Lagi Armada Bus Kota Suroboyo Bus

Pemkot Surabaya Tambah 10 Unit Lagi Armada Bus Kota Suroboyo Bus (foto : istimewa)

Surabaya, MobilKomersial.com – Bersamaan dengan persiapan pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang akan mengelola langsung layanan bus kota baru Suroboyo Bus untuk warga Kota Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya juga membuat persiapan penambahan jumlah armada bus Suroboyo Bus.

Saat ini, armada Suroboyo Bus baru berjumlah 8 unit yang sudah diujicoba beberapa waktu lalu oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharani yang unitnya dipesan dari Karoseri Laksana, di Ungaran, Jawa Tengah. Penambahan armada baru akan dilakukan sebanyak 10 unit.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad, Minggu (7/1/2018) mengatakan, pengadaan 10 armada baru yang akan ditambah menggunakan dana dari anggaran tahun 2018 dan akan direalisasikan di kuartal II tahun ini, tepatnya di bulan April. Dengan penambahan armada ini, maka daya angkut Suroboyo Bus akan meningkat dua kali lipat lebih.

Pemkot Surabaya Tambah 10 Unit Lagi Armada Bus Kota Suroboyo Bus
Pemkot Surabaya Tambah 10 Unit Lagi Armada Bus Kota Suroboyo Bus (foto : istimewa)

Bagaimana dengan soal tarif untuk penumpang dan rutenya? Dinas Perhubungan Kota Surabaya saat ini sedang menyelesaikan formula penetapan tarif per penumpang. Asumsi sementaranya, tarif per penumpang ditetapkan Rp 5.000 atau sama seperti tarif naik bus kota di Surabaya saat ini. Soal rute, armada Suroboyo Bus akan melayani jalur gemuk di bagian tengah kota. Yakni dengan start dari Terminal Bus Purabaya melewati Wonokromo, Terminal Joyoboyo lalu Tunjungan dan Siola. Rute ini dipilih untuk mendukung moda transportasi massal yang tengah disiapkan rutenya oleh Pemkot Surabaya, yakni trem.

Suroboyo Bus dirancang ramah terhadap difabel dan lansia karena di kabinnya disediakan tempat duduk khusus untuk mereka. Juga untuk ibu hamil. Sebagaimana armada Transjakarta di DKI, Suroboyo Bus juga memisahkan kabin untuk penumpang wanita dan laki-laki. Kabin depan khusus diperuntukkan penumpang wanita.

 

Penulis: Arifandi

1 thought on “Pemkot Surabaya Tambah 10 Unit Lagi Armada Bus Kota Suroboyo Bus

Tinggalkan Balasan