Strategi Pertamina Lubricant Raih Kembali Pangsa Pasarnya

Strategi Pertamina Lubricant Raih Kembali Pangsa Pasarnya

Strategi Pertamina Lubricant Raih Kembali Pangsa Pasarnya

 Mobilomersial.com – Pertamina Lubricant tengah berusaha membangun mereknya kembali. Hal yang menjadi fokus perhatiannya melalui jaringan internet. Pertamina Lubricant juga coba masuk ke beberapa segmen, dari segmen industri, hingga segmen ritel.

Pertamina Lubricant dulunya adalah penguasa pasar dengan pangsa pasar mencapai 90% saat masih memegang hak monopoli dari pemerintah. Tetapi era monopoli sudah selesai dan pasar oli pun menjadi terbuka bagi pemain oli lainnya. Akibatnya, pangsa pasar pertamina Lubricant melorot hingga 40%.

Secara perlahan namun pasti, pertamina Lubricant coba bangkit. Hal ini dibuktikan dari segmen ritel, menurut Mata Corp Consulting, Pertamina Lubricant berhasil meraih pangsa pasar lebih dari 55% hingga tahun lalu.
Produk mereka seperti Mesran dan Prima Xp masih memiliki awareness bagi konsumen hingga sekarang ini.

Gigih Wh Irianto, President Director PT. Pertamina Lubricant mengatakan, brand image perlu dibangun dengan berbagai cara positif yang bisa diterima masyarakat dan saat ini dengan perkembangan teknologi IT, kita bisa melakukannya dengan basis internet.

“Konsumen di era teknologi saat ini sudah tidak bisa percaya begitu saja pada omongan merek. Mereka akan melakukan cross check yang dilakukan di internet. Inilah yang sekarang kami lakukan, aktivitas pemasaran yang berbasis IT. Dengan begitu kami bisa menanamkan Brand legacy di benak generasi New wave ini” kata Irianto di Jakarta.

Pertamina Lubricant juga aktif mendekatkan diri dengan berbagai komunitas, baik itu komunitas yang terkait dengan dunia otomotif maupun tidak. Melalui komunitas, keandalan pelumas dapat langsung dibuktikan.

Sebagai info, pelumas Pertamina Fastron Platinum telah menjadi technical partner Automobili Lamborghini untuk kegiatan motorsportnya seperti Lamborghini Super Trofeo dan Lamborghini GT3. Kerjasama ini berlangsung selama 5 tahun. PERTAMINA Fastron juga dipercaya untuk menjadi official lubricants di 129 diler Lamborghini di seluruh dunia. Wow…..

Pertamina Lubricant juga  memiliki strategi khusus dalam penjualannya yakni membagi jalur distribusinya dalam 3 jenis. Own dealer, yaitu bengkel dan outlet yang dikelola oleh pertamina Lubricant. Selain itu jalur APM, dan independent berupa retail outlet juga digunakan untuk menggenjot penjualan dan cara ini cukup berkontribusi dalam penjualan.

“Dengan memperbesar distribusi, maka availability produk kami tersebar. Sehingga dengan aktivitas komunikasi, strategi harga, kualitas produk, dan ketersediaan produk dimana saja membuat probabilitas untuk menang di pasar itu jauh lebih besar. Target kami di tahun ini menguasai pasar hingga 63%” pungkasnya

fastron_platinum

Tinggalkan Balasan