Teknik Mengemudi Ini Harus Dikuasai Driver Bus

Mobkom-Image-Sanksi Tegas Menanti Sopir Bus Perokok

Jakarta, MobilKomersial.com – Gaya atau teknik mengemudi yang tidak tepat tidak hanya membuat bus jadi lebih cepat rusak dari usia pakai yang seharusnya, tapi juga membuat bus jadi lebih boros bahan bakar dan berisiko mengalami kecelakaan saat dikemudikan di jalan raya.

Karenanya, setiap pengemudi bus harus menguasai tiga teknik mengemudi ini. Deputy General Manager Training & Dealer Development Program PT Hino Motor Sales Indonesia Roffi Tresmawan mengatakan, tiga teknik mengemudi tersebut adalah:

Pertama, properly driving. Ini adalah teknik mengemudi yang tepat dan benar sesuai petunjuk teknis dari pabrikan bus. Kedua, safety driving. Yakni, teknik mengemudi bus yang memperhatian ketentuan dan rambu di jalan raya untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Ketiga, eco-driving. Yakni, teknik mengemudi bus yang ekonomis agar saat melaju, bus jadi lebih hemat dalam konsumsi bahan bakar.

Tiga teknik mengemudi ini terus disosialisasikan oleh PT HMSI ke kalangan pengemudi, termasuk pengemudi armada bus Hino di busway Transjakarta.

“Teknik mengoperasikan bus yang baik dan benar akan membuat usia pakai kendaraan jadi lebih panjang. Masa pakai suku cadang juga bisa dimaksimalkan,” kata Roffi.

 

Penulis: M. Arif


Pengemudi Bus Perempuan Akan Disediakan Pemerintah Papua Nugini

Port Moresby, MobilKomersial.com – Layanan bus khusus di Papua Nugini yang memberi para perempuan tumpangan yang aman dan gratis kini tengah melatih beberapa pengemudi bus perempuan pertama di negara ini.

Poin utama :

  • Mayoritas perempuan telah menjadi korban kejahatan di dalam transportasi publik Port Moresby
  • Layanan bus yang ada saat ini di Papua Nugini benar-benar kotor dan tak bisa diandalkan
  • Layanan perempuan ini bertujuan beroperasi tepat waktu, aman dan bersih

Layanan bus Meri Seif atau Amankan Perempuan tengah memperluas operasinya berkat donasi 4 bus baru dari perusahaan asal Australia, Ventura. Yayasan Ginigoada, yang mengoperasikan layanan itu, memutuskan sebuah bus khusus perempuan seharusnya dikemudikan oleh perempuan, dan memberi mereka kesempatan lewat program pelatihan yang unik. Baca selengkapnya >>>

Tinggalkan Balasan