Mobil Jarang Digunakan? Ini Cara Merawatnya Agar Mobil Tetap Sehat

Tips Merawat Mobil yang Jarang Digunakan

Foto: istimewa

Mobil Jarang Digunakan? Ini Cara Merawatnya Agar Mobil Tetap Sehat

Jakarta, MobilKomersial.com – Siapa bilang mobil yang jarang digunakan, dapat minim dalam perawatannya. Mobil yang jarang digunakan juga akan dapat rusak, karena mesin tak pernah panas.

Walau jarang dipakai, mobil harus tetap dirawat agar berfungsi dengan baik. Salah satu contoh termudah adalah ketika anda harus pergi dalam waktu yang cukup lama. Pastikan anda telah mencuci mobil sebelum ditinggalkan. Setelah itu lakukan langkah berikut ini.

Bebaskan posisi rem tangan

Jangan biarkan anda MobKomers sekalian meninggalkan mobil dalam keadaan rem tangan yang masuk, terlebih dalam kurun waktu yang cukup lama. Dengan dilepasnya rem tangan dapat menghindari adanya kelengketan antara minyak dengan piringan rem.

Ganjal Wiper dengan busa atau kayu

Dengan mengganjal, dapat menghindari mengerasnya karet wiper jika terus bersentuhan dengan kaca mobil. Jika tak diganjal dalam waktu yang lama, karet wiper akan terasa kasar dan tidak lentur saat menyapu air dari kaca mobil anda.

Usahakan Keempat roda mobil tak menempel di lantai

Lakukan hal ini dengan dongkrak dan stand-jack. Dengan demikian suspensi mobil tetap terjaga dan tak terbebani dengan kendaraan. Karena biasanya suspensi mobil akan naik turun jika tidak dipakai dalam waktu lama.

Lepaskan aki jika mobil ditinggal lebih dari dua minggu

Aki merupakan komponen mobil paling sensitif. Bila dalam waktu dua minggu mobil tidak pernah dinyalakan, maka akan dapat berpengaruh terhadap aki. Aki dapat lebih cepat rusak dibanding dengan mobil yang setiap hari dipakai.

Beri pengharum dan tutupi mobil dengan cover

Pengharum ruangan dapat mengurangi bau tak sedap dalam mobil yang ditinggal cukup lama. Debu juga akan masuk dengan mudah melalui celah yang ada di mobil. Untuk menghindarinya, tutuplah dengan cover mobil.

Begitulah tips dari MobilKomersial agar menjaga mobil anda tetap fit ketika ditinggal dalam waktu cukup lama. Semoga tips ini bermanfaat bagi MobKomers sekalian.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.