Tips Merawat Rem Mobil

image-mobkom-Tips Rawat Rem Mobil

Foto: istimewa

Tips Merawat Rem Mobil

Jakarta, MobilKomersial.com – Rem merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan. Bayangkan, bagaimana jadinya bila mobil berjalan tanpa menggunakan rem.

Oleh sebab itu sangat diperlukan perhatian terhadap rem. Jika harus melakukan service, hanya boleh dilakukan oleh orang yang sangat berpengalaman di bidangnya. Kesalahan melakukan service rem dapat mengakibatkan kecelakaan hingga kematian.

Berikut MobilKomersial berikan tips perawatan untuk rem mobil kesayangan anda.

  1. Kuras sistem rem setiap dua tahun sekali, atau paling tidak setiap menempuh jarak 30.000 kilometer.
  2. Perhatikan warna minyak rem, warna minyak rem biasanya ada dua, yaitu bening dan merah. Bila sudah kotor atau berubah warna, sangat disarankan untuk dikuras dan diganti dengan yang baru.
  3. Cek kondisi kanvas rem setiap menempuh jarak 10.000 kilometer. Jika ternyata sudah tipis, gantilah dengan yang baru.
  4. Bagi anda para pengguna mobil matik, biasakan pada saat berhenti untuk menetralkan transmisi anda. Hal ini untuk mengurangi beban rem dan juga kanvas transmisi.
  5. Bagi pengguna rem tromol, pada saat melewati jalan yang banjir, pastikan kerja rem normal kembali dengan cara menekan pedal rem.
  6. Pada saat dihadapkan dengan jalan menurun, gunakan engine brake, untuk membantu kinerja rem.
  7. Hindari menginjak pedal rem saat berhenti di persimpangan jalan atau lampu merah. Kebiasaan ini mengakibatkan piringan cakram atau tromol menjadi panas.

Baca Juga : Beberapa Tips Sederhana Agar Rem Mobil Anda Tetap Maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published.