Waduh, Pemkot Surabaya Belum Bisa Operasikan Suroboyo Bus karena Persoalan Regulasi

Bus Kebanggaan Masyarakat Surabaya Belum Dapat Dioperasikan, Pemkot Surabaya Tambah 10 Unit Lagi Armada Bus Kota Suroboyo Bus

Surabaya, MobilKomersial.com – Setelah ujicoba beberapa waktu lalu yang dilakukan langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharani, Pemerintah Kota Surabaya ternyata belum bisa langsuung mengoperasikan secara penuh layanan bus kota Suroboyo Bus bulan Januari 2018 ini seperti yang semula dijadwalkan. Alasannya, Pemkot Surabaya masih terkendala regulasi menyangkut legalitas pengoperasikan bus besar ini sebagai angkutan publik di Kota Surabaya.

Kendala regulasi itu bermula dari belum didirikannya badan pengelola Suroboyo Bus yang harus ada. Bentuknya bisa Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad mengakui adanya kendala tersebut. Pemerintah Kota Surabaya belum memiliki lembaga teknis yang diserahi tanggung jawab mengelola Suroboyo Bus. Karena itu, jadwal operasional Suroboyo Bus diperkirakan mundur ke triwulan pertama tahun 2018 ini (Februari-Maret 2018). “Kita targetkan bisa beroperasi di triwulan satu. Paling lambat triwulan dua sudah bisa jalan,” kata Irvan, Minggu (7/1/2018).

Irvan mengatakan, rentang waktu tersebut dibutuhkan bagi Pemkot Surabaya untuk menyiapkan pembentukan UPTD atau BUMD pengelola Suroboyo Bus. Sebagai perbandingan, di DKI Jakarta, angkutan transportasi massal Transjakarta busway dikelola oleh badan usaha berbentuk perseroan terbatas atau PT yang dibawah kendali langsung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, yakni PT Transportasi Jakarta.

Suroboyo bus menggunakan chassis low floor untuk memudahkan difabel dan lansia saat naik dan turun dan dilengkapi air suspension untuk kenyamanan di perjalanan. Bus ini dilengkapi dengan dua pintu di bagian depan dan tengah, kursi menghadap depan dan kursi untuk difabel dan wanita hamil. Bus dilengkapi dengan penyejuk kabin (AC), kamera CCTV, APAR, dan tombol untuk memudahkan penumpang saat akan turun dari bus. Pintu bus menggunakan sistem buka tutup elektronis. Suroboyo Bus dirakit di karoseri Laksana, di Ungaran, Jawa Tengah, dan menjadi bagian dari upaya peremajaan bus kota di Surabaya.

 

Penulis: Arifandi

 

Pemkot Surabaya Tambah 10 Unit Lagi Armada Bus Kota Suroboyo Bus

Tinggalkan Balasan