Armada Bus Gratis Mudik Mulai Disiapkan Kemenhub

Armada bus mudik

Jakarta, MobilKomersial.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan PT Jasa Marga memastikan akan mempersiapkan seribu armada bus untuk mudik gratis Lebaran 2018. Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyatakan, armada yang akan disiapkan untuk program mudik gratis tidak hanya bus.

“Ada beberapa kapal juga yang bisa mengangkut sepeda motor,” kata Budi di Kementerian Perhubungan, Selasa (30/1).

Dia menambahkan, mudik gratis pada lebaran tahun ini tidak hanya diupayakan hanya untuk tujuan di Pulau Jawa saja. Budi mengatakan, Jasa Raharja akan memfasilitasi mudik gratis ke luar Pulau Jawa.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Raharja Budi Raharjo memastikan target pemudik gratis pada lebaran tahun ini akan bertambah. “Tahun lalu memberangkatkan 118 ribu penumpang atau pemudi. Lalu untuk 2018, target kami bisa memberangkatkan 200 ribu pemudik,” tutur Raharjo.

Raharjo juga mengakui, pada program mudik gratis tahun ini tidak akan hanya berkonsentrasi pada tujuan kota di Pulau Jawa. Pada 2018, lanjut Raharjo, Jasa Raharja akan memfasilitasi pemudik yang memiliki tujuan ke Sumatera.

Dengan begitu akan ada beberapa akses atau rute bus mudik gratis baru. “Nah, nanti untuk bus ada dari Medan menuju Pekanbaru, Makassar juga akan ada ke Parepare, dan lainnya,” ujar Raharjo.

Sementara itu, Raharjo mengharapkan tidak hanya pemudik saja yang bertambah namun keikutsertaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga. Tahun lalu baru 27 persen BUMN yang mengadakan mudik gratis namun pada 2018 diharapkan bisa bertambah menjadi 50 sampai 60 persen.

Sumber : Republika.co.id

Tinggalkan Balasan