Daimler Gelar Edukasi Safety Driving ke Kalangan Sopir Truk di Cilegon

Jakarta, MobilKomersial.com – Daimler menggelar kegiatan edukasi cara mengemudi berkeselamatan ke kalangan pengemudi truk dalam kegiatan roadshow bertajuk “Safety First, Efficiency Follow” yang diselenggarakan TruckMagz di Kota Cilegon, Kamis (22/2/2018).

Kegiatan ini dilangsungkan selama dua hari sejak tanggal 21 Februari 2018 dan akan dilanjutkan di kota-kota lain seperti Jakarta dan Surabaya. Tujuan roadshow ini adalah mendidik perusahaan-perusahaan tentang keselamatan dan efisiensi dalam berkendara. Di hari pertama, para pengemudi diberikan materi berkendara defensif, atau berkendara dengan kepedulian pada keadaan sekitar ketika mengemudi. Pelatihan ini yang terdiri dari teori keselamatan dan produk dari Mercedes-Benz Axor, ujian tertulis, dan praktek berkendara dengan truk Axor.

Tiga pengemudi terbaik telah dipilih berdasarkan kinerja mereka dalam ujian dan praktek, yaitu Dodi Surahman dari PT Sankyu Indonesia International; Eka Siafadman dari PT Krakatau Argo Logistics; dan Kartono dari PT Dover Chemical.

“Visi mengemudi bebas-kecelakaan adalah sumber motivasi kami. Karena itu kami terus menerus mengembangkan dan memperkenalkan berbagai sistem keselamatan. Selain itu, kami bekerja sama dengan berbagai mitra terkait dalam kampanye dan program untuk menyebar-luaskan pentingnya keselamatan,” kata Director of Network, Product & Retail Trucks Indonesia, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Maximillian Knorr.

Dia menjelaskan, keselamatan merupakan salah satu nilai merek mendasar dari Mercedes-Benz. Sejak tahun 1886, Mercedes-Benz menjadi pelopor dalam keselamatan di mobil penumpang dan kendaraan niaga, didorong oleh visi mengemudi bebas-kecelakaan. Pendekatan Daimler sebagai pemegang merek Mercedes-Benz dalam memastikan keselamatan berfokus dalam aksi, bukan reaksi, antisipatif.

Menurutnya, pendekatan ini ditandai dengan analisa kecelakaan kendaraan niaga yang dilakukan pihak Daimler sendiri, yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan para perekayasa di perusahaan ini mengenai sebab dan akibat setiap kecelakaan. Analisa ini menjadi sebuah elemen utama dalam pengembangan sistem-sistem keselamatan aktif dan pasif, kombinasi tanpa tanding dalam pengetahuan dan relevansi praktis. Seluruh sistem tersebut dikembangkan sendiri dan telah diperkenalkan dalam kendaraan Mercedes-Benz di seluruh dunia.

Penulis: Arieffandi

Tinggalkan Balasan