Mau Terabas Hujan Dengan Aman? Perhatikan Tips Penting Ini!

berkendara saat hujan

Foto : Istimewa

image-mobkom-Jangan Spontan Gunakan Rem Depan saat Hujan
Foto : Istimewa

Mau Terabas Hujan Dengan Aman? Perhatikan Tips Penting Ini!

Jakarta, MobilKomersial.com – Cuaca saat ini kurang bersahabat dengan para sahabat bikers. Hujan deras tak henti-hentinya mengguyur kawasan Jakarta dan kota lainnya. Nah, kalau sudah begini, mau memilih antara berteduh atau nekat meluncur ke jalan ya..?
Kalau dikejar waktu tentu kita tak segan memilih untuk meluncur ke jalan. Meskipun demikian sahabat bikers tetap harus waspada. Dengan kondisi jalan yang tidak bisa ditebak, maka resiko kecelakaan besar lantaran fokus pandangan terbatas dan tubuh akan cepat lelah. Nah, Redaksi MobilKomersial.com punya tips aman berkendara disaat hujan buat sahabat bikers nih.

Perhatikan kondisi ban
Sebenarnya ban memiliki umur pakai. Ban setidaknya tidak boleh melebihi empat tahun pemakaian. Tanggal pembuatan ban bisa dicek di dinding ban. Jika kedalaman ban kurang dari 2mm maka segeralah ganti karena daya cengkram ban sudah berkurang. Hal ini dapat dilihat pada segitiga tread wear indicator(TWI) disisi samping ban. Kurangi tekanan angin ban 1-2 psi dari skala normal. Dengan mengurangi tekanan ban, ban akan lebih seimbang saat melaju di jalan yang bergelombang.

Cek rantai
Beban rantai di kala hujan umumnya lebih berat, mudah rusak,dan berkarat. Jadi cobalah lumasi rantai sebelum menerjang derasnya hujan.

Pakailah jas hujan atau pakaian berbahan waterproof yang sesuai
Setelan jaket dan celana hujan umumnya sudah tahan air. Tapi sahabat bikers juga tetap bisa tampil gaya dengan jeans waterproof. Tentunya pakaian stylish harus full safety juga. Hindari jas hujan model onepiece alias ponco karena mudah menjuntai dan rawan terkena rantai atau jari-jari roda.

Baca Juga : Pakai Mobil Matik saat Banjir, Perhatikan Ini….

Pakailah pakaian yang mampu menstabilkan suhu tubuh
Dua musim di indonesia membuat sahabat bikers harus pandai mengkondisikan tubuh agar tidak sakit karena berkendara. Untuk mensiasati kelembaban dan suhu tubuh pakailah base layer. Base Layer ini berbahan polyster lembut dan sangat ringan. Ketika dingin base layer akan menghangatkan tubuh, sebaliknya ketika suhu panas sobat bikers akan tetap merasa adem.

Pakailah visor anti embun
Di kala hujan biasanya fokus pandangan mata akan terbatas. Kadang sahabat bikers harus repot-repot melap kaca visor helm agar kaca dapat kembali bening. Kini sobat bikers tak perlu repot-repot lagi dengan kendala embun saat hujan atau kondisi dingin. Visor pinlock bisa menyerap kabut karena tekhnologi anti air ( Dry Hydrophilic technology). Pinlock di pasang di bagian dalam kaca helm.

Dengan memerhatikan kondisi-kondisi tersebut, Anda akan lebih aman dan nyaman dalam berkendara. Tetap ‘Safety Ride” sob….

Leave a Reply

Your email address will not be published.