Seribu Unit Bus Siap Jangkau Seluruh Permukiman di Jabodetabek

Bus premium, Terapkan Ganjil-Genap di Pintu Tol Cibubur, BPTJ Siapkan 20 Bus di Perumahan-perumahan

Jakarta, MobilKomersial.com – Sekitar 1.000 bus penumpang akan segera dioperasikan untuk mewadahi masyarakat yang biasa naik kendaraan pribadi bisa beralih ke angkutan umum. Hal itu seperti disampaikan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub, Bambang Prihartono bahwa pihaknya memastikan ke depannya, tidak ada lagi perumahan yang tidak ada sarana transportasinya.

“Kita targetkan 1.000 bus akan disebar di pemukiman dengan konsep Transit Oriented Development (TOD),” ucap Bambang di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Bambang menambahkan, dirinya ingin seluruh pemukiman di kawasan Jabodetabek akan terintegrasi dengan sarana transportasi massal. “Penggunaan bus umum di kawasan pemukiman justru akan meminimalisir kepadatan lalu lintas, serta meningkatkan keuntungan,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan BPTJ, Karlo Manik mengatakan pihaknya telah menggandeng PPD (Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta) selaku operator bus. “Kini sudah ada 50-60 bus PPD Trans Jabodetabek untuk mengangkut para pekerja dari Bekasi ke Jakarta,” pungkasnya.

Adapun rute-rute bus tersebut antara dari Bekasi menuju Senayan dan Gajah Mada. “Di tol (Jakarta-Cikampek) juga sudah disediakan jalur khusus untuk bus mulai dari pukul 6 sampai 9 pagi,” tambah Karlo.

Pemerintah juga telah menyediakan kantung parkir bagi para pekerja yang hendak membawa mobil ke tempat parkir bus. Bus-bus itu terparkir di beberapa titik, seperti Mega Mal Bekasi dan Stadion Patriot. Pembayaran parkir dalam mal akan dikenakan tarif flat Rp 10 ribu jika hanya dengan menunjukkan tiket bus.

Tinggalkan Balasan